Bikin Es Kelapa Muda yang Segar untuk Takjil Berbuka Puasa

Puti Yasmin - detikFood Sabtu, 18 Apr 2020 14:00 WIB
air kelapa Foto: shutterstock/Es Kelapa Muda
Jakarta -

Es kelapa muda tentu menjadi minuman favorit kala berbuka puasa. Sebab, minuman ini memberikan efek menyegarkan pada tubuh usai menahan haus selama 13 jam.

Selain karena menyegarkan, kelapa muda banyak digemari karena mengandung vitamin yang menyehatkan tubuh. Apalagi, memakan kepala muda juga bisa mengatasi rasa kenyang sekaligus.

Berikut ini beberapa tips membuat es kelapa muda dengan berbagai varian yang cocok jadi takjil berbuka:


1. Kelapa Muda Spesial

Es Kelapa MudaEs Kelapa Muda Foto: shutterstock

Bila mendengar kata spesial, tentu es kelapa muda ini memiliki banyak keistimewaan. Benar saja, resep minuman ini dilengkapi dengan berbagai macam buah, seperti blewah, selasih, timun suri, hingga nata de coco.

Cara membuatnya juga cukup mudah, kamu bisa menyerut buah belewah dengan ukuran besar, masukkan ke dalam mangkok. Tambahkan timun suri, selasih, dan nata de coco, gula putih atau susu kental manis dan tentu saja air kepala beserta dagingnya.

Jangan lupa juga, masukkan es batu untuk menyegarkan dahaga kala berbuka puasa ya

2. Kelapa Muda Gula Merah

Es Kelapa MudaEs Kelapa Muda Foto: shutterstock

Bila kelapa muda dengan gula merah hanya bisa ditemukan di pedagang, kamu juga bisa mencobanya di rumah lho. Caranya, panaskan gula merah hingga mencair. Kemudian tambahkan gula putih sesuai selera dan campurkan ke dalam kelapa muda yang ingin dinikmati.

Tambahkan es batu ke dalam kelapa muda yang sudah ditambahkan gula merah cair. Nikmat!

3. Kelapa Muda Susu

Es Kelapa MudaEs Kelapa Muda Foto: shutterstock

Rasa manis dari susu bisa menjadi variasi yang menyegarkan. Pisahkan daging dan air kelapa ke dalam gelas, kemudian tambahkan susu kental manis sesuai selera. Terakhir tambahkan es batu dan nikmati saat berbuka puasa.


4. Kelapa Muda Smooties

Es Kelapa MudaEs Kelapa Muda Foto: Shutterstock

Resep ini bisa dicoba ketika bosan dengan es kelapa muda ya. Siapkan bahan-bahan, seperti satu kelapa muda, kacang almond, buah kurma dan es batu sesuai selera.

Lalu, masukkan air kelapa, kurma yang telah dibersihkan, kacang almond, es batu ke dalam blender. Hancurkan sampai halus dan nikmati rasa yang berbeda.

5. Kelapa Muda Melon

Es Kelapa MudaEs Kelapa Muda Foto: istock

Siapa bilang buah lemon tidak bisa menjadi pasangan saat makan kepala muda? Justru melon bisa menambah cita rasa menyegarkan dari minuman kepala muda lho.

Kamu cukup memotong buah melon sesuai selera, kemudian campurkan ke dalam kepala muda dan tambahkan es baru. Supaya lebih mantap lagi, kamu bisa menambahkan sirup melon ke dalamnya. Yumm, segar!

6. Kelapa Muda Jeruk

Es Kelapa MudaEs Kelapa Muda Foto: istimewa

Jika ingin mencoba sensasi dari asam dan manis jeruk, kamu bisa mencoba varian ini. Cukup tambahkan perasan jeruk ke dalam air es kepala yang telah kamu siapkan.

7. Jus Kelapa

Es Kelapa MudaEs Kelapa Muda Foto: Mustiana Lestari

Variasi es kelapa muda yang enak dinikmati terakhir adalah jus. Cukup siapkan satu kelapa muda, es batu, serta sirup kesukaan. Blender semua bahan hingga halus dan jus kelapa muda siap diminum.



Simak Video "Bikin Pizza Nggak Ribet, Pakai Roti Tawar!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com