Keren! Seniman Ini Kampanye 'Jangan Mudik' Lewat Plesetan Produk Makanan

Riska Fitria - detikFood Kamis, 16 Apr 2020 11:00 WIB
- Foto: Instagram @harimerdeka
Jakarta -

Untuk mendukung ajakan 'Jangan Mudik', seorang Art Creator membuat kampanye kreatif berupa ilustrasi plesetan dari nama produk makanan dan minuman.

Pemerintah Indonesia telah melarang masyarakatnya untuk mudik atau kembali ke kampung halaman pada tahun ini. Itu ditujukan guna memberhentikan penyebaran virus corona agar tidak semakin luas.

Berbagai cara pun telah dilakukan untuk mendukung aturan pemerintah tersebut. Salah satunya dengan membuat kampanye kreatif berupa ilustrasi yang menarik perhatian. Seperti yang dilakukan oleh seorang Art Creator bernama Hari Prast.

-- Foto: Instagram @harimerdeka

Pada ilustrasinya tersebut, ia menggunakan plesetan dari nama-nama produk makanan dan minuman yang populer di Indonesia. Mulai dari produk mie instan, biskuit, minuman soda hingga obat.

Menariknya lagi, tulisan-tulisan pada ilustrasi itu tetap menggunakan jenis font tulisan yang serupa dengan nama merek dari produk itu sendiri. Hanya saja namanya diplesetkan.

Baca Juga : Kreatif! Gambar Ilustrasi Makanan Ini Digunakan untuk Ungkapkan Rasa

Seperti pada produk mie instan misalnya, dalam gambar ilustrasi tersebut memperlihatkan sekardus mie instan. Nama merek mie instan kemudian diubah menjadi "I Don't Mudik", lalu juga ada tulisan "Biar Aman" dan "Keluargaku Ayam Sorry".

-- Foto: Instagram @harimerdeka

Begitu pula dengan produk minuman soda, yang mereknya diubah menjadi "Fantang Pulang". Lalu pada produk biskuit dengan tulisan "Gak pulang bisa kuat," dan pada produk obat bertuliskan "Antimudik diharap mengerti".

Ilustrasi keren tersebut diunggah oleh Hari Prast melalui laman instagramnya @Harimerdeka. Melalui keterangan foto, ia juga menekankan anjuran untuk tidak mudik.

"Kalau sayang, jangan pulang. Lebih baik tidak pulkam," tulisnya pada (14/04).

Kampanye 'Jangan Mudik' yang dibuat dalam bentuk ilustrasi itu rupanya menarik perhatian netizen lainnya yang juga mendukung kampanye tersebut. Banyak yang mengunggah ulang, dan banyak juga yang menyampaikan dukungan melalui kolom komentar.

"Keren idenya," tulis salah satu netizen.

-- Foto: Instagram @harimerdeka

"Cara yang mudah dan menyenangkan untuk menyadarkan masyarakat tentang pandemi ini," tulis netizen lainnya.

Selain kampanye 'Jangan Mudik', Hari Prast juga banyak membuat ilustrasi yang tak kalah keren sebagai bentuk semangat dan dukungan untuk sesama masyarakat dalam melawan virus corona.

Khususnya bagi para tenaga medis yang berperan di garda terdepan dalam melawan pandemi ini. Dalam hal ini ia juga mengajak netizen lainnya untuk bergabung pada projectnya dengan tagar #LawanDenganKarya.

Baca Juga : Keren! Ilustrasi Makanan Karya Food Illustrator Ini Sukses Bikin Ngiler



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)