Tak Hanya Jago Mengobati, Ningsih Tinampi Juga Jago Bikin Nasi Tumpeng

Devi Setya - detikFood Selasa, 14 Apr 2020 13:00 WIB
Ningsih Tinampi masak nasi tumpeng Foto: youtube Ningsih Tinampi
Jakarta -

Nama Ningsih Tinampi heboh karena teknik pengobatannya yang fenomenal. Tapi dibalik itu, ia juga sosok wanita yang jago masak.

Ahli pengobatan Ningsih Tinampi menjadi perbincangan publik setelah ribuan pasien rela antre hingga tahun 2021. Ningsih yang tinggal di Pasuruan, Jawa Timur ini begitu populer terutama di kalangan masyarakat sekitarnya. Ningsih juga terkenal baik dan senang melakukan kegiatan sosial.

Salah satunya yang baru saja dilakukan adalah membuat nasi tumpeng komplet untuk kegiatan syukuran anggota kepolisian yang naik pangkat di dekat kediamannya. Ningsih terjun langsung ke dapur untuk meracik nasi tumpeng. Dengan cekatan, Ningsih bahkan terlihat pandai menata nasi dan aneka lauk untuk syukuran ini.


Baca juga : Nasi Tumpeng Perlambang Syukur dan Kesejahteraan

Ningsih Tinampi masak nasi tumpengNingsih Tinampi masak nasi tumpeng Foto: youtube Ningsih Tinampi


Di dapur rumahnya, beberapa orang sudah sibuk mempersiapkan bahan makanan yang akan diolah. Ningsih yang mengenakan baju biru juga tak kalah sibuk. Ia terlihat asyik mengupas dan mengiris aneka bumbu seperti cabai, bawang merah dan bawang putih.

Video berdurasi 19 menit ini juga memperlihatkan Ningsih saat menggoreng ayam. Ia menyebutnya sebagai ayam goreng koya. Sekilas ayam goreng tampak seperti ayam goreng serundeng dengan kelapa yang banyak.

Selesai menggoreng ayam, Ningsih lanjut membuat garnish dari tomat, mentimun dan kembang kol. Garnish sederhana pun siap dijadikan hiasan pada nasi tumpeng. Setelah semua persiapan selesai, Ningsih menyiapkan tampah hias untuk nasi tumpengnya.

Menggunakan daun pisang, Ningsih melapisi tampah bambu. Bagian sisinya ia hias dengan daun pisang yang dibentuk segitiga kemudian ia tata melingkar dan direkatkan menggunakan strapler. Ningsih terlihat ahli membuat alas nasi tumpeng ini.

Setelah tampah siap, selanjutnya ia menata nasi kuning, aneka lauk dan garnish sayuran. Semuanya dilakukan sendiri. Tak butuh waktu lama bagi Ningsih untuk menyelesaikan setampah nasi tumpeng ini. Dalam waktu singkat, nasi tumpeng sudah siap.

Ningsih Tinampi masak nasi tumpengNingsih Tinampi masak nasi tumpeng Foto: youtube Ningsih Tinampi


Baca juga : 6 Makna Sajian Nasi Tumpeng yang Lezat


Ningsih yang sudah berganti pakaian pun kemudian pergi ke lokasi acara syukuran. Di sana ia disambut belasan anggota TNI dan Kepolisian. Acara sederhana ini digelar sederhana karena adanya larangan berkerumun terkait virus Corona.

Acara syukuran diakhiri dengan makan bersama. Ya, nasi tumpeng buatan Ningsih akhirnya diserbu dan disantap bersama-sama.



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)