Ada PSBB, Ini Trik Agar Stok Makanan Bisa Lebih Awet

Yudistira Imandiar - detikFood Selasa, 14 Apr 2020 11:11 WIB
makanan di kulkas Foto: iStock
Jakarta -

Menyiapkan stok makanan dapat menjadi solusi untuk mengurangi intensitas keluar rumah selama diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Menyimpan bahan makanan di dalam freezer membuatnya tahan lebih lama.

Freezer bisa mengawetkan berbagai jenis makanan, bukan hanya makanan kaleng dan siap saji. Sayuran, buah-buahan, hingga jenis daging dan telur juga menjadi lebih awet di dalam freezer.

Mengutip insider.com, menyimpan di dalam freezer membuat makanan baik untuk dikonsumsi dalam waktu lebih lama. Meskipun, tidak bisa dipungkiri ada perubahan jumlah nutrisi ketika bahan makanan segar dibekukan.

Makanan bisa juga dibekukan dalam keadaan matang. Misalnya, ayam atau ikan yang sudah direbus dan dibumbui terlebih dahulu kemudian disimpan dalam freezer. Sayuran dan buah yang diolah juga dapat disimpan dalam freezer.

Makanan yang sudah matang tersebut, tinggal dipanaskan kembali saat ingin dikonsumsi. Dengan begitu, makanan menjadi lebih awet dan mudah disajikan.

Tidak ada salahnya membuat makanan dalam jumlah banyak lalu disimpan dalam freezer. Cara tersebut bisa menghemat waktu memasak, karena makanan bisa dikonsumsi sampai berhari-hari hanya degan memanaskannya.

Selama mengisolasi diri di rumah, jangan terlalu sibuk memikirkan menu masakan yang rumit. Menu sederhana, seperti sup, tumisan, atau olahan daging panggang bisa jadi kudapan nikmat yang pengolahannya tidak memakan waktu. Selama masa darurat, yang terpenting adalah tubuh mendapatkan asupan yang cukup setiap hari.

Nah, untuk mendapatkan bahan-bahan makanan, kamu pun tidak perlu keluar rumah. Sebab, sudah ada layanan pemesanan online yang bisa dimanfaatkan. Grab Groceries misalnya, menyediakan layanan belanja berbagai bahan makanan di supermarket terdekat dari rumahmu.

Di Grab Groceries, kamu bisa memilih supermarket dan bahan-bahan yang hendak dibeli. Selanjutnya, tinggal lakukan pembayaran dan bahan makanan akan diantar ke rumah, jadi serba praktis.



Simak Video "Yuk Ikut Lomba Makan Berhadiah Rp 1 Miliar!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com