Ini Keseruan Yuni Shara Bikin Orek Tempe saat Karantina di Rumah

Riska Fitria - detikFood Minggu, 12 Apr 2020 08:00 WIB
- Foto: Istimewa
Jakarta -

Manfaatkan waktu luang saat karantina, penyanyi Yuni Shara membagikan resep masakan sederhana lewat Youtube. Berupa orek tempe khas Jawa.

Memasak di rumah untuk mengisi waktu selama karantina menjadi salah satu hal yang dilakukan oleh banyak orang. Bahkan di media sosial banyak netizen yang membagikan resep masakan beserta tutorialnya.

Kegiatan tersebut ternyata juga dilakukan oleh diva terkenal Yuni Shara. Melalui video yang diunggah di channel youtubenya, pelantun 'Lilin-lilin Kecil' itu membagikan resep masakan buatannya sendiri.

-- Foto: Istimewa

Dalam video berdurasi sekitar 13 menit itu, Yuni Shara mengatakan bahwa ia memanfaatkan bahan-bahan masakan yang tersedia di dalam kulkasnya. Saat itu, bahan yang tersedia hanya tempe, karenanya ia membuat masakan berupa orek tempe.

"Dalam kondisi seperti ini, kita kemana-mana jadi mikir. Mau ke pasar mikir karena takut virus, jadi ya kita manfaatkan bahan yang tersedia di rumah," ujar Yuni Shara.

Baca Juga : Yuni Shara Doyan Makanan Tradisional, Pecel Pincuk sampai Soto Gading

Untuk bumbunya, Yuni Shara menggunakan bumbu dasar berupa bawang merah, bawang putih, lengkuas dan daun salam. Selain itu ia juga mencampurkan kecap sebagai tambahan bumbu dan cabai hijau sebagai garnish.

-- Foto: Istimewa

Nah, orek tempe buatan Yuni Shara ini berbeda dari orek tempe lainnya. Jika biasanya orek tempe dipotong dadu dan kecil-kecil, tetapi Yuni Shara memotong kotak-kotak dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya.

Cara membuatnya juga mudah. Pertama, minyak goreng dipanaskan dalam wajan. Setelah itu, tempe yang sudah dipotong-potong lebih dulu ditaburi garam sebelum digoreng. Tempe digoreng hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan.

-- Foto: Istimewa

Kemudian, bumbu dasar ditumis hingga wangi dan layu. Ketika bumbu dasar mulai beraroma, Ditambahkan cabai hijau dan ditumis sampai matang. Baru kemudian tempe yang sudah digoreng tadi dicampurkan dan diberi kecap manis.

Orek tempe a la Yuni Shara pun siap disantap. Yuni Sahara langsung menikmati hasil masakannya sendiri karena bertepatan dengan jam makan siang. Di akhir video Yuni Shara juga mengimbau netizen untuk menjaga kebersihan di tengah pandemi COVID-19.

Baca Juga : Makin Cantik di Usia 45 Tahun, Lihat Momen Yuni Shara dengan Makanan Favoritnya



Simak Video "Mencoba Thai Tea Kekinian, Murah dan Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)