Tips Pakai Whisk untuk Bikin Dalgona Coffee Lebih Praktis

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 12 Apr 2020 13:00 WIB
Tips mengocok dalgona coffee pakai whisk Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Dalgona Coffee
Jakarta -

Tren dalgona coffee digemari banyak orang. Untuk membuatnya diperlukan kesabaran mengocok supaya kopi berbusa dan agak kaku. Ini tips mengocok dengan whisk.

Setelah tren boba, kini muncul lagi tren minuman baru. Berupa dalgona coffee yang terbuat dari busa kopi di atas susu dan es batu. Tren ini muncul dari Korea Selatan tempat asal nama dalgona yang berupa nama permen tradisional di sana.

Dalgona coffee dibuat dengan cara mencampurkan bubuk kopi instan, gula, dan sedikit air panas. Lalu dikocok menggunakan whisk atau mixer agar menghasilkan tekstur yang berbusa, kental, dan agak kaku.

Dalgona coffee 7 literDalgona coffee, YouTube / Sunny and Chris

Proses pengocokan kopi biasanya memakan waktu minimal 5-6 menit menggunakan whisk, tanpa terputus saat mengocoknya. Ini agar hasilnya tidak gagal dan bisa dituangkan ke dalam susu bercampur es batu.

Baca Juga: Tren Dalgona Coffee, Ternyata Sejak Dulu Sudah Populer di India

Pada umumnya pengocokan kopi tersebut menggunakan wadah mangkuk. Namun akun TikTok @melliemelanie menunjukkan cara yang lebih praktis yaitu menggunakan gelas yang sama.

Tips mengocok dalgona coffee pakai whiskTips mengocok dalgona coffee pakai whisk Foto: Istimewa

Semua komponen untuk membuat busa kopi ia letakkan ke dalam gelas yang nantinya digunakan untuk penyajian dalgona coffee. Ia lalu menggunakan whisk untuk mengocok dalgona coffee buatannya. Whisk atau kocokan kawat yang biasa dipakai untuk mengocok adonan kue ada berbagai ukuran di pasaran.

Jika biasanya penggunaan whisk ini memakai satu tangan, wanita dengan akun @melliemelanie menggunakan kedua tangannya. Ia pun menggerakkan whisk dengan cara memutar pegangan whisk dengan kedua telapak tangannya. Cara ini terbilang cepat dan menghasilkan tekstur dalgona coffee yang diinginkan.

Tips mengocok dalgona coffee pakai whiskTips mengocok dalgona coffee pakai whisk Foto: Istimewa

Saat busa kopi sudah jadi, langsung ditambahkan susu ke dalamnya. Ia juga menambahkan es batu. Jadi tidak perlu memakai gelas lain untuk diisi susu dan es batu. Semuanya dilakukan dalam satu gelas saja. Meskipun busa kopi ada di bagian bawah tetapi tak mengurangi kenikmati dalgona coffee. Tinggal aduk dan langsung diteguk.

Baca Juga: Kang Daniel hingga TWICE, 5 Idol Kpop yang Ikut Racik Dalgona Coffee



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Dalgona Coffee