Dalgona Coffee

Bosan Dalgona Coffee? Coba Bikin 'Dalgona Chia Pudding' yang Tak Kalah Enak

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 12 Apr 2020 07:00 WIB
- Foto: Getty Images/iStockphoto/KVLADIMIRV
FOKUS BERITA Dalgona Coffee
Jakarta -

Tak hanya dinikmati sebagai minuman, dalgona juga bisa dibuat varian puding. Gunakan biji chia, begini cara membuat 'Dalgona Chia Pudding' yang enak!

Dalgona coffee jadi tren minuman baru di kalangan foodies. Banyak yang berlomba-lomba untuk membuat dalgona coffee dan membagikannya di akun media sosial mereka.

Kunci dari dalgona coffee terdapat pada busa kopi yang kental, sedikit kaku, dan creamy. Ini bisa dihasilkan dari proses pengocokan yang tak henti selama beberapa menit. Bisa menggunakan mixer, hand blender, atau whisk (pengocok manual).

Baca Juga: Resep Dalgona Coffee Tanpa Mixer, Cuma 4 Menit dan Anti Gagal

Dalgona CoffeeDalgona Coffee Foto: Istimewa

Dalgona coffee dinikmati bersama segelas susu full cream yang diberikan es batu. Namun dalgona coffee juga bisa dibuat dengan varian rasa lain seperti cokelat, matcha, dan lainnya.

Tak hanya itu dalgona coffee pun bisa dikreasikan bersama puding yang rasanya manis segar. Kali ini Food NDTV (7/4) membagikan resep 'Dalgona Chia Pudding' yang menyehatkan.

Puding ini menggunakan bahan dasar biji chia. Biji chia atau chia seed ini sekilas mirip biji selasih namun berbeda. Di dalamnya terkandung beragam nutrisi seperti karbohidrat, protein, air, serat, asam lemak omega-3, hingga sejumlah vitamin.

Chia seed dikenal sebagai biji-bijian yang memiliki beragam manfaat. Diantaranya untuk membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan tulang, kesehatan jantung, penderita diabetes, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Racikan Dalgona Coffee Gagal

Jika penasaran bagaimana proses pembuatan Dalgona Chia Pudding ini, berikut bahan-bahan yang digunakan serta langkah untuk membuatnya.

-- Foto: Getty Images/iStockphoto/KVLADIMIRV

Bahan-bahan yang digunakan:

1. 2 sdm kopi hitam instan
2. 2 sdm gula pasir
3. 2 sdm air panas
4. 125 ml susu full cream
5. 2 sdm biji chia
6. 1 sdm kacang almond iris
7. 1 sdt bubuk cokelat

-- Foto: Getty Images/iStockphoto/KVLADIMIRV

Cara membuatnya:

1. Siapkan chia pudding terlebih dahulu. Dengan mencampurkan biji chia dan susu full cream. Lalu diaduk hingga biji chia tersebut mengembang. Kemudian diamkan chia pudding di dalam kulkas semalaman.

2. Kemudian buat dalgona coffee. Dengan mengocokkan kopi hitam, gula, serta air panas. Kocok selama 5-6 menit sampai mengental dan berbusa.

3. Keluarkan chia pudding dari dalam kulkas, setelah itu tambahkan dalgona coffee yang foamy di atasnya. Berikan garnish berupa irisan kacang almond dan juga bubuk kakao.

4. Dalgona Chia Pudding pun sudah bisa dinikmati.



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Dalgona Coffee