Viral! Inisiatif ATM Beras di Vietnam untuk Orang Tak Mampu

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 10 Apr 2020 06:00 WIB
ATM beras di Vietnam Foto: Istimewa
Jakarta -

Vietnam kembali jadi sorotan karena hal positif di negara mereka. Kali ini ada ATM beras yang bisa dimanfaatkan orang tak mampu. Sekali ambil, mereka bisa dapat 1,5 kg beras gratis.

Vietnam disebut-sebut sebagai negara yang berhasil mengatasi pandemi virus Corona. Tak ada korban jiwa di sana karena infeksi virus mematikan ini. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintahan Vietnam adalah kampanye social distancing.

ATM beras di VietnamATM beras di Vietnam Foto: Istimewa

Kampanye tersebut dilakukan secara nasional selama 15 hari. Setiap warga diminta tidak keluar rumah dan dilarang berkumpul lebih dari 2 orang. Langkah lain yang dianggap penting adalah Vietnam menghentikan sementara seluruh penerbangan internasional dan menangguhkan layanan transportasi publik hingga 15 April.

Baca Juga: 245 Orang Positif Virus Corona di Vietnam, Tak Ada Korban Jiwa

Kini negara beribu kota Ho Chi Minh City ini kembali jadi sorotan karena hal positif. Dikutip dari The Smart Local Vietnam (7/4), Vietnam punya Automated Teller Machine (ATM) khusus beras. ATM beras ini fungsinya membantu orang tak mampu untuk tetap mendapat pasokan beras selama masa social distancing.

ATM beras di VietnamATM beras di Vietnam Foto: Istimewa

Perusahaan yang membuatnya adalah PHGLock. Mereka menciptakan mesin penyimpan beras layaknya ATM yang bisa diakses siapapun secara mandiri. Tentu saja tetap ada pengawasan dari pihak PHGLock.

Untuk menggunakannya, seseorang hanya perlu memencet tombol aktif. Beras lalu akan muncul lewat pipa sebanyak 1,5 kg. Uniknya, tidak ada syarat apapun untuk mendapat beras gratis ini.

Baca Juga: Lewat ATM Beras, Wali Kota Semarang Salurkan Bantuan di Masjid-masjid

ATM beras di VietnamATM beras di Vietnam Foto: Istimewa

Seseorang tidak perlu menunjukkan tanda pengenal atau bukti-bukti lain. Sistemnya hanya berdasar kepercayaan. Meski begitu tetap ada kamera pengawas untuk memastikan ATM beras ini digunakan dengan baik sekaligus mencegah seseorang berkali-kali memanfaatkan fasilitas publik ini.

Hoàng Tuấn Anh, sosok di balik ATM beras Vietnam ini mengatakan, "Karena mesin beroperasi 24/7, orang-orang tidak perlu datang di waktu spesifik. Ini berarti kami bisa menghindari kerumunan orang.

ATM beras di VietnamATM beras di Vietnam Foto: Istimewa

Untuk memanfaatkan ATM beras pun, orang-orang diminta tetap mempraktekkan prinsip social distancing. Mereka harus memberi jarak 2 meter satu sama lain saat berdiri mengantre. Ada juga hand sanitizer yang disediakan.

ATM beras ini berjalan sejak 6 April 2020. Sejauh ini ATM beras sudah mendistribusikan 300 kg beras untuk lebih dari 200 orang yang membutuhkan.

Tuấn Anh's berencana ingin menghadirkan 100 ATM beras di seluruh Hồ Chí Minh City. Ia juga meminta para dermawan untuk menyumbang beras atau dana untuk kampanye ini.

ATM beras di VietnamATM beras di Vietnam Foto: Istimewa

Di Twitter, inisiatif ATM beras di Vietnam viral usai ceritanya diunggah @LunaOi_VN. "ATM beras untuk orang membutuhkan dan benar-benar gratis. Slogan: Ambil jika kamu membutuhkan. Tinggalkan untuk orang lain kalau kamu baik-baik saja," katanya.

Kicauannya sudah di-likes lebih dari 14.000 kali dan di-retweet sekitar 10.000 kali. "Okay so Vietnam is the best," sahut seorang netizen.

Baca Juga: Cek ATM Beras, Sandiaga: Ini Bukti Teknologi Anak Bangsa



Simak Video "Yummy! Yuk Cobain Spring Roll Vietnam Isi Bunga Cantik Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)