Resep Churros Enak ala Disney yang Gampang Dibuat

Odilia WS - detikFood Rabu, 08 Apr 2020 14:00 WIB
resep churros ala Disney Foto: Dok. Disney Blog
Jakarta -

Taman rekreasi Disney tetap ingin menghadirkan keceriaan pada keluarga. Merekapun bagikan resep churros yang mudah dibuat di rumah. Yuk, bikin!

Pertengah Maret lalu Disneyland dan Disney World menutup semua taman rekreasi yang ada di di dunia karena pandemi virus corona. Tentu saja hal ini mengecewakan banyak keluarga yang sudah berencana berekreasi di sana.

"Beberapa minggu terakhir ini banyak orang berbagi resep Disney dan membuat versi mereka saat di rumah. Sebagai penggemar camilan Disney Parks, kami terinspirasi berbagi resep favorit sehingga Anda bisa terus berkreasi #DisneyMagicMoments," ungkap Alex Dunlap, koordinator F&B Disney, dikutip dari Foxnews (7/4).

Churros sendiri merupakan camilan khas Spanyol dan Portugis. Dibuat dari adonan 'choux paste' atau kue susu yang terdiri tepung terigu, air, telur dan mentega. Adonan berbentuk panjang ini kemudian dicetak memanjang dan digoreng. dibalut campuran gula pasir dan kayu manis bubuk atau saus cokelat.



Churros Bites atau Churros Tots merupakan salah satu camilan populer di Disneypark. Kalau ingin mencoba membuat sendiri di rumah bahan dan caranya mudah. Ikuti saja tahapan membuat resep churros ala Disney ini.

Bahan yang perlu disiapkan:

250 ml air
120 g mentega
1/4 sdt garam
1/4 sdt kayu manis bubuk
150 g tepung terigu
3 butir telur ayam
gula pasir
kayu manis bubuk

Cara membuatnya sebagai berikut:

1. Taruh panci di atas kompor, tuangi air dan masak air hingga mendidih kecil.
2. Masukkan mentega, garam dan kayu manis. Aduk hingga mentega leleh.
3. Tambahkan tepung terigu, aduk hingga terigu tercampur rata dan membentuk adonan yang kalis dan tidak lengket di panci. Angkat. Biarkan beberapa saat hingga adonan menjadi hangat.
4. Tambahkan telur satu per satu sambil aduk hingga tercampur rata dan membentuk adonan yang kental.

resep churros ala DisneyResep churros ala Disney Foto: Dok. yuppichef.com

5. Siapkan kantong semprotan kue, beri spuit mawar besar, isi dengan adonan.
6. Panaskan minyak banyak dalam panci di atas api sedang.
7. Semprotkan adonan sepanjang 3 cm, putus dengan bantuan pisau. Goreng dalam minyak panas hingga mengapung dan kuning keemasan.

resep churros ala Disneyresep churros ala Disney Foto: Dok. yuppichef.com


8. Tiriskan churros dan diamkan sebentar.
9. Selagi hangat gulingkan ke dalam campuran gula pasir dan kayu manis bubuk.
10. Nikmati selagi hangat agar terasa renyah legit.



Tips resep churros ini perlu diperhatikan agar hasilnya bagus.

• Pastikan adonan sudah hangat saat akan ditambahkan telur. Jika adonan masih panas, telur akan matang dan tidak bisa beremulsi dengan baik.
• Gunakan api sedang saat menggoreng. Jika minyak sudah panas, kecilkan api. Ini agar churros matang sempurna dan mengembang maksimal.
• Panjang dan bentuk churros bisa sesuai selera. Churros Tots ini panjangnya 3 cm. Bisa dibuat panjang 10-12 cm. Atau dibuat melengkung bentuk lingkaran.
• Selain dibalut dengan campuran gula pasir dan kayu manis bubuk, bisa juga disajikan dengan celupan saus cokelat. Cukup lelehkan 125 g dark/milk cooking chocolate lalu campur dengan 150 ml krim kental hingga larut.



Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Iga Sapi dengan Jengkol Pedas"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)