Minum Sambil Manuver, Pilot Ini Tunjukkan Air Tak Bisa Tumpah di Ketinggian

Devi Setya - detikFood Rabu, 08 Apr 2020 15:30 WIB
pilot minum sambil manuver Foto: youtube
Jakarta -

Beberapa pilot membuat video saat mereka minum. Uniknya, air yang dituang ke dalam gelas ini tak tumpah meskipun dinikmati sambil bermanuver dengan posisi terbalik. Kok bisa?

Aksi pilot pesawat jet ini sukses membuat banyak orang penasaran. Lewat video berdurasi 1 menit ini pilot pesawat mengendarai besi terbang sambil menikmati minuman. Di ketinggian ribuan kilometer dari permukaan bumi, dengan santai pilot ini menuangkan air dan minum sambil tetap mengendalikan laju pesawat.

Aksinya dimulai dengan menuangkan air dari botol ke gelas. Ia perlahan bermanuver, pesawatnya pun bergerak memutar, posisi kepala pilot ini jadi berada di bawah menghadap bumi. Uniknya, air dalam gelas yang ia genggam tidaklah tumpah sama sekali.

pilot minum sambil manuverpilot minum sambil manuver Foto: youtube


Baca juga : Duh, Pilot Ini Dipecat karena Persilakan Penumpang Minum Teh di Kokpit!


Jangankan tumpah, air bahkan tetap stabil seolah pesawat dalam kondisi normal padahal jika dilihat dari videonya, pesawat sedang bermanufer memutar. Ternyata aksi ini tidak hanya dilakukan oleh satu orang pilot, terlihat beberapa pilot juga mencoba melakukan hal yang sama.

Tak hanya air mineral, ada juga pilot yang mencoba menuang dan menikmati jus hingga teh. Semuanya terbukti tidak tumpah. Air dalam gelas tetap stabil, bahkan pilot bisa dengan santai menikmatinya tanpa khawatir akan tumpah.

pilot minum sambil manuverpilot minum sambil manuver Foto: youtube


Melihat video ini, banyak masyarakat yang bingung dan bertanya-tanya kenapa air tidak tumpah padahal posisinya terbalik 360 derajat. Ketika posisi roll up, pilot sempat membuka masker kemudian minum sambil terus bermanufer.

Ternyata air yang tak tumpah ini dikarenakan gaya sentrifugal. Gaya sentrifugal adalah lawan dari gaya sentripetal merupakan efek semu yang ditimbulkan ketika sebuah benda melakukan gerak melingkar. Sentrifugal berarti menjauhi pusat putaran. Hal inilah yang membuat air tidak tumpah meskipun dalam posisi terbalik.

Baca juga : Pilot Ini Ngambek Tak Mau Terbang Karena Kotak Makannya Tak Dicuci





Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip dan Intip Pembuatan Timlo Khas Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)