Kocaknya Bule Saat Ditantang Belanja Pakai Bahasa Inggris Campur Jawa

Devi Setya - detikFood Rabu, 08 Apr 2020 12:30 WIB
bule belanja ke pasar Foto: youtube londo kampung
Jakarta -

Bule yang satu ini sudah lama tinggal di Indonesia jadi ia fasih berbahasa Indonesia, bahkan bahasa jawa. Parasnya yang bule sukses membuat pedagang sayur di pasar kebingungan.

Dave Jephcott dikenal sebagai Londo Kampung karena ia punya channel Youtube yang dinamainya Londo Kampung. Pria berdarah Australia ini sudah lama tinggal di Indonesia, bahkan kini ia lebih fasih berbahasa Jawa dibandingkan bahasa Inggris. Kali ini Dave ditantang belanja di pasar menggunakan bahasa Inggris campur bahasa Jawa.

Gaya bicara yang medok berbasa Jawa khas Surabayaan membuat Dave jadi sosok yang unik. Memiliki tampang bule, lengkap dengan rambut pirang tetapi mahir berbahasa Jawa. Hal inilah yang membuat banyak orang kebingungan, termasuk para pedagang sayur dan buah di pasar.

bule belanja ke pasarbule belanja ke pasar Foto: youtube londo kampung


Baca juga : Bule Prancis Ini Jatuh Hati Pada 10 Makanan Indonesia Enak

Dave siap berbelanja di pasar tradisional. Sebelum belanja, ia pun diberi catatan daftar belanjaan mulai dari bawang putih, bawang merah, ikan gurame, apel dan lain sebagainya. Kocaknya, Dave sempat bingung soal bahasa Inggris. "Bawang putih itu bahasa Inggrisnya apa?" tanya Dave pada seorang rekannya.

Kios bumbu dapur jadi tempat belanja pertama. Di sini Dave bertanya soal bawang putih dan bawang merah dalam bahasa Inggris. Komunikasi dengan pedagang pun agak susah karena keduanya menggunakan bahasa berbeda. Setelah tawar menawar dengan bahasa isyarat, Dave akhirnya berceloteh menggunakan bahasa Jawa.

bule belanja ke pasarbule belanja ke pasar Foto: youtube londo kampung


Ibu penjual bawang terkejut saat Dave berbahasa Jawa. Ia tertawa lepas sambil terus berceloteh menggunakan bahasa Jawa dengan Dave. Selanjutnya Dave belanja cabai rawit. Lagi-lago Dave menggunakan bahasa Inggris sehingga sulit dimengerti penjual cabai. Tapi begitu diberi uang, penjual ini langsung membungkus cabai rawitnya.

Lanjut ke belanjaan berikutnya, Dave membeli ikan mujair. Dalam bahasa Jawa, Dave membeli setengah kilogram ikan. Ibu penjual ikan langsung paham karena Dave menggunakan bahasa Jawa.

bule belanja ke pasarbule belanja ke pasar Foto: youtube londo kampung


Baca juga : Laris Manis! 5 Bule Ini Jadi Penjual Es Pisang Ijo dan Takoyaki


Dave juga belanja buah pisang. Satu sisir pisang seharga Rp 22.000 dibelinya setelah aksi tawar-menawar menggunakan bahasa Jawa. Saat Dave belanja buah, ia dihampiri ibu penjual kacang goreng yang menawarkan dagangannya.

Puas belanja bahan makanan, Dave tak lupa membeli mainan untuk sang buah hati. Sebuah bola basket jadi pilihan Dave untuk anaknya tercinta.

Dave bukan kali ini saja 'menipu' orang-orang dengan bahasa Jawa. Beberapa kali ia membeli makanan dengan bahasa Inggris, tapi ketika penjualnya bingung Dave langsung berbicara bahasa Jawa.




Simak Video "Antusias Bule Belajar Masak Pecel Pitik dan Klepon"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)