Cara Membuat Selai Nanas yang Manis Legit

Devi Setya - detikFood Sabtu, 04 Apr 2020 10:00 WIB
selai nanas Foto: istimewa
Jakarta -

Selai nanas yang manis legit enak olesan roti. Atau bisa dibuat sebagai stok sebelum mulai membuat kue nastar lebaran.

Nastar jadi salah satu kue kering yang tak pernah absen saat Lebaran tiba. Mumpung masih berkegiatan di rumah, coba buat selai nanas untuk isian nastar Lebaran. Selai ini awet disimpan lama jadi tak perlu khawatir akan jadi basi.

Membuat selai nanas memang susah-susah gampang. Selai yang manis legit dan berserat halus bisa dibuat dengan mengikuti tips berikut.

1. Pilih nanas

selai nanasselai nanas Foto: istimewa


Untuk membuat selai nanas yang enak, hal pertama yang harus jadi perhatian adalah pemilihan jenis nanas. Jenis nanas yang cocok dijadikan selai yakni nanas yang manis tapi tidak mengandung banyak air.

Nanas madu, nanas Bogor, nanas Palembang atau nanas Blitar termasuk yang cocok dijadikan selai. Hindari menggunakan nanas Subang karena jenis nanas ini mengandung banyak air dan membuat selai jadi terlalu berair. Pilih nanas yang tua dan berdaging kuning cerah agar selai makin menarik.

Baca juga : Cara Bikin Selai Nanas Buat Isi Nastar yang Legit dan Harum

2. Cara mengolah nanas
Kalau kamu sudah menemukan nanas yang pas, saatnya mengolah. Kupas nanas dan buang matanya hingga bersih. Potong nanas menjadi beberapa bagian, buang tulang nanas lalu lumuri sedikit garam dan sisihkan sebentar.

Parut daging nanas menggunakan parutan kelapa. Parut memanjang agar tekstur dan serat nanas masih berbentuk saat sudah diolah jadi selai. Hindari menghalusian nanas dengan blender karena teksturnya akan hancur seperti bubur.

3. Proses pemasakan selai

selai nanasselai nanas Foto: istimewa


Bahan utama untuk membuat selai nanas memang hanya nanas dan gula tetapi ada trik memasaknya agar hasilnya enak dan legit. Memasak nanas sebaiknya tidak langsung dicampur dengan gula.

Nanas lebih dulu dimasak hingga mengental kemudian masukkan gula dan masak kembali hingga kental dan kering. Saat memasak selai ini, usahakan untuk terus mengaduk selai agar tidak gosong. Gunakan api kecil dan masak perlahan hingga matang dan padat. Kamu juga bisa menambahkan sedikit garam agar rasa selai nanas makin gurih.

4. Simpan dalam wadah bersih

selai nanasselai nanas Foto: istimewa


Selai nanas yang sudah matang bisa langsung disimpan dalam wadah yang bersih dan kedap udara. Stoples kaca bisa jadi wadah simpan yang ideal. Pastikan wadah sudah dalam keadaan bersih dan kering sebelum diisi selai nanas.

Selai bisa langsung disimpan dalam lemari es. Hindari penyimpan selai di tempat yang panas atau berdekatan dengan makanan sumber bau. Selai nanas yang sudah jadi ini bisa disimpan hingga tiga bulan dalam lemari es. Selai nanas mengandung gula tinggi yang juga berfungsi sebagai pengawet alami.

Baca juga : Resep Nastar Empuk Manis yang Enak Buat Camilan

5. Resep selai nanas

selai nanasselai nanas Foto: istimewa


Mau membuat selai nanas untuk isian nastar? Berikut resep super praktis yang bisa dijadikan panduan untuk membuat selai nanas.

Bahan

1 buah nanas ukuran sedang
100 gr gula pasir
1 batang kayu manis
2 buah cengkeh

Cara membuat

1. Kupas nanas, potong menjadi 4 bagian, lalu potong bagian inti nanas. Parut nanas.

2. Masak nanas dengan api sedang, kemudian masukkan kayu manis dan cengkeh. Masak hingga air menyusut sambil terus diaduk.

3. Tambahkan gula pasir, masak sampai selai kering dan lengket serta berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat dan dinginkan.

4. Masukkan selai dalam wadah kedap udara, simpan dalam lemari es. Selai nanas bisa langsung digunakan untuk isian nastar.



Simak Video "Nastar Klepon, Perpaduan Makanan Jadul dan Kekinian!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)