Sluuurp! Hangat Gurih Kopi Rarobang Khas Ambon dengan Jahe dan Kenari

Devi Setya - detikFood Jumat, 03 Apr 2020 05:30 WIB
kopi rarobang Foto: instagram
Jakarta -

Ambon memang bukan daerah penghasil kopi tapi di sini ada racikan kopi khas yang unik. Kopi rarobang bisa jadi minuman sarapan yang nikmat dan berkhasiat.

Masyarakat Ambon punya racikan kopi kebanggaan yang dikenal dengan sebutan kopi rarobang. Kopi ini terbilang unik karena diracik dengan berbagai campuran bahan seperti jahe, cengkeh dan irisan kacang kenari. Uniknya lagi, kopi ini ditambahkan madu sebagai pemanisnya.

Untuk membuat kopi rarobang, dibutuhkan kopi jenis robusta. Sebelum diguyur air panas, kopi dalam gelas ini lebih dulu ditambah irisan jahe putih dan cengkeh. Lalu kopi diseduh dengan air panas dan diaduk rata.

kopi rarobangkopi rarobang Foto: instagram


Baca juga : Mencicip Tumis Bia dan Ikan Asar Masak Paleo yang Unik dari Ambon


Kopi rarobang juga kerap ditambah beberapa rempah lain seperti kayu manis dan sereh. Sekilas komposisinya mirip wedang khas Jawa yang kaya akan rempah.

Sesaat sebelum disajikan, kopi diberi tambahan madu dan irisan kacang kenari. Kopi rarobang biasa disajikan hangat sebagai minuman sarapan atau minuman malam yang menghangatkan badan.

Kopi rarobang saat ini bukan hanya dinikmati masyarakat tapi juga para pelancong yang datang ke Ambon. Selain dalam versi original, kopi rarobang juga sering ditambah susu kental manis sebagai penambah rasa. Sensasi rasa pahit, manis dan pedas segar jahe membuat kopi rarobang begitu menggoda.

kopi rarobangkopi rarobang Foto: instagram


Baca juga : Nasi Begadang: Gurih Pedas Nasi Kuning Ambon dengan Suwiran Ikan Cakalang


Di Ambon sendiri, kopi rarobang bisa dengan mudah ditemui di kedai kopi sederhana maupun di kafe kekinian. Harga kopi rarobang berkisar antara Rp 15.000- Rp 19.000 per gelas.

Sambil ngopi, paling enak ngemil aneka kue khas Ambon seperti talam sagu, panada, kasabi tone, koyabu hingga panekuk. Semua kue ini siap menemani waktu santai sambil ngopi nikma



Simak Video "Ada Ayam Berbumbu Kopi, Seperti Apa Rasanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)