#DiRumahAja, Konsumsi Sarden Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Yudistira Perdana Imandiar - detikFood Kamis, 02 Apr 2020 12:46 WIB
Sarden ABC Foto: dok. ABC Heinz
Jakarta -

Selama mengisolasi diri #DirumahAja, kamu jadi punya waktu untuk masak di rumah aja. Salah satu menu makanan sehat saat di rumah aja dan mudah diolah adalah masak ikan, seperti ikan sarden kaleng.

Kandungan Nutrisi Ikan Sarden

Ikan sarden memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Di dalam ikan, terdapat protein, Vitamin B12, kalsium, protein, fosfor, zinc, zat besi, serta Omega 3 dan 6.

Mengutip Healthline, memakan ikan sarden terbukti secara klinis mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Kekuatan imun merupakan salah satu benteng terbaik untuk mencegah penyakit akibat infeksi virus, seperti virus Corona (COVID-19) dan berbagai penyakit lainnya.

Kandungan vitamin B12 dalam sarden dibutuhkan tubuh untuk membuat sel darah merah, sel DNA, memperbaiki fungsi saraf, dan memproduksi adenosy s-methionine, yang mana unsur-unsur tersebut mendukung terbentuknya kekebalan tubuh yang kuat.

Pun halnya dengan protein pada setiap porsi sarden, selain baik untuk kesehatan otot dan tulang, juga berpengaruh pada pembentukan antibodi yang menjaga sistem imun bekerja optimal. Nah, artinya penting makanan sehat saat di rumah aja.


Sarden kaleng, seperti sarden ABC sudah dilengkapi dengan saus yang memiliki aroma harum dan rasa nikmat. Cara memasak sarden kaleng saat #DirumahAja jadi mudah loh.

Masak Sarden Kaleng Bisa di Rumah Aja

Kamu bisa masak di rumah aja sarden kaleng tanpa bumbu tambahan, atau bisa menambahkan sedikit racikan bumbu untuk mendapatkan rasa sesuai selera. Sarden baik dikonsumsi untuk semua kalangan usia. Selain mengandung gizi tinggi yang dapat meningkatkan imun tubuh, ikan sarden mudah diolah menjadi makanan sehat dan makanan praktis saat di rumah aja untuk santapan keluarga saat #DirumahAja.

Ada berbagai cara memasak sarden kaleng yang enak. Bisa ditambahkan sayur-sayuran seperti selada, kemangi, atau pete supaya lebih sedap. Kalau kamu suka pedas, tentunya tinggal dicampur dengan sambal ulek atau irisan cabai yang siap menggoyang lidah. Mau dibuat berkuah biar terasa segar juga sah-sah saja. Yang penting ada makanan sehat saat di rumah aja.

Dengan masak di rumah aja menu sarden kaleng dengan cara sederhana, kamu bisa menikmati masakan sehat, masakan praktis, lezat dan bergizi bersama keluarga. #Masaksehatalasardenabc bisa jadi kegiatan menyenangkan di rumah, sekaligus memberikan nutrisi yang cukup untuk keluarga agar selalu sehat selama #DiRumahAja.

(ega/ega)