Masak Apa Hari Ini : Sup Buntut Bakar dan Ca Kailan yang Gurih Mantap

Odilia WS - detikFood Kamis, 02 Apr 2020 08:30 WIB
sop buntut Foto: Istimewa
Jakarta -

Kelezatan masakan restoran bisa Anda hadirkan di meja makan. Ada sup buntut goreng dan nasi goreng yang chow yang gurih mantap.

Kalau bosan dengan sup buntut biasa bisa membuat sup buntut bakar yang sensasinya berbeda. Buntut lebih gurih dan kering, enak dinikmati dengan kaldunya yang hangat.

Nasi goreng China atau yang chow tanpa cabe tentu disukai anak. Apalagi isiannya lengkap, telur, daging ayam dan diaduk dengan bumbu bawang yang harum gurih.

Meskipun hanya tumisan sayuran tetapi jika diolah tepat bisa menarik selera. Kailan yang sedikit pahit enak diberi topping daging tumis dengan sedikit cabe yang pedas.

Masak Apa Hari Ini : Sup Buntut Bakar dan Ca Kailan yang Gurih MantapFoto: Tastemade



1. Sup Buntut Bakar

Jika akan dibakar, sebaiknya pilih ukuran buntut yang agak besar dan ukurannya sama. Rebus dulu dengan bumbu hingga benar-benar lunak. Setelah itu baru dibakar dengan olesan bumbu kecap bawang.

Biasanya sup buntut bakar disajikan terpisah dengan kaldu dan sayurnya. Setelah buntut dibakar, sajikan di piring terpisah. Untuk kaldu sup bisa ditambahkan daun bawang dan bawang merah goreng sebagai taburan.

Jika akan menambahkan sayuran bisa direbus terpisah seperti potongan wortel, kentang atau buncis. Sebagai pelengkap, emping goreng, sambal rawit dan irisan jeruk nipis. Ikuti petunjuk resep ini jika ingin membuatnya.

Masak Apa Hari Ini : Sup Buntut Bakar dan Ca Kailan yang Gurih MantapFoto: detikfood



2. Fried Rice with Yang Chow Style

Nasi goreng ini banyak jadi menu andalam restoran China. Karena tak memakai bumbu cabe, hanya bawang putih maka warna nasi pucat tidak kemerahan. Tetapi rasanya tetap gurih enak.

Isian nasi goreng ini tergantung selera. Bisa dipadukan daging ayam, seafood, atau daging olahan seperti sosis, daging asap atau ayam asap. Tambahan telur membuat rasanya gurih enak.

Nasi goreng yang chow bisa disajikan dengan acar mentimun atau acar cabe rawit. Taburan irisan daun bawang dan bawang putih cincang goreng akan membuat rasanya makin sedap. Ikuti langkah pembuatannya di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Sup Buntut Bakar dan Ca Kailan yang Gurih MantapFoto: detikcom




3. Ca Kailan Daging Pedas

Kailan merupakan sayuran hijau berdaun hijau dengan tektur batang agak keras. Untuk menyiangi pisahkan daun muda dan batangnya. Iris menyerong batang kailan yang muda, tipis-tipis dengan ukuran sama.

Celupkan sebentar daun dan batang kailan dalam air mendidih hingga layu. Kemudian celupkan dalam air es lalu tiriskan. Saat ditumis, masukkan batang kailan dulu baru kemudian daunnya.

Tumis daging dan bumbu hingga benar-benar matang dan siramkan ke atas kailan sesaat akan disajikan. Agar terasa renyah segar dan gurih. Untuk membuat sajian kailan ini, ikuti resep berikut ini.






Simak Video "Cekidot! Resep Sup Buntut Bakar "
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)