Dampak Lockdown Malaysia, Penjual Nasi Ayam Curhat Merugi

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 01 Apr 2020 18:00 WIB
Hainanese Chicken Rice Foto: iStock
Jakarta -

Sudah dua minggu Malaysia lockdown. Kebijakan tersebut berdampak pada banyak penjual makanan. Salah satunya penjual nasi ayam, begini curhatannya!

Malaysia memberlakukan kebijakan lockdown sejak 18 Maret 2020. Hal ini karena virus corona semakin meluas di negeri Jiran tersebut.

Sudah dua minggu lockdown di Malaysia diberlakuka membuat beberapa penjual makanan kena dampaknya. Beberapa dari mereka banyak yang masih berjualan selama masa lockdown karena diperbolehkan jika makanan tersebut dibawa pulang.

Dampak Lockdown Malaysia, Penjual Nasi Ayam Curhat Merugi Foto: Istimewa

Namun beberapa penjual mengaku kalau pendapatan mereka menurun. Tak seperti hari-hari biasanya yang mencapai keuntungan berlipat. Salah satu penjual nasi ayam di Malaysia mengaku hanya mendapatkan uang sekitar RM 100-180 (Rp 397.745 - Rp 683.541) saja per harinya.

Baca Juga: Besok Mulai Lockdown, Warga Malaysia Sudah Padati Pusat Perbelanjaan

Sejumlah uang tersebut mereka dapatkan dengan bekerja selama 16 jam. Penjual nasi ayam tersebut pun menumpahkan curhatannya ke salah satu pelanggan. Lalu pelanggan tersebut membagikannya di media sosial.

Dilansir dari Must Share News (30/3), saat itu sang pelanggan membeli 3 porsi nasi ayam dari salah satu gerai karena sangat ingin makan nasi ayam yang gurih. Sambil menunggu pesanannya tiba, penjual pun menceritakan tentang kondisi gerainya tersebut selama lockdown.

Dampak Lockdown Malaysia, Penjual Nasi Ayam Curhat Merugi Foto: Istimewa

Sang penjual menceritakan kalau dirinya membuka gerai nasi ayam tersebut dari pukul 7 pagi hingga 11 malam. Dan dalam sehari rata-rata ia mendapatkan hanya RM 140 (Rp 514.623) saja. Penjual tersebut pun mengaku kalau terus-terusan begini selama dua minggu, mungkin ia akan bangkrut.

Memang benar mereka beberapa kali menerima pengantaran makanan menggunakan aplikasi online, namun hal tersebut tetap saja tidak bisa mengatasi pendapatan mereka yang menurun karena pandemi virus corona. Hal ini diperkirakan masih akan terus berlangsung beberapa waktu ke depan.

Baca Juga: Curhat Miris Pegawai Resto Cepat Saji yang Harus Bekerja di Tengah Corona



Simak Video "Kelezatan Nasi Ayam Legendaris Bali Kedewatan Ibu Mangku"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com