Masak Apa Hari Ini : Brokoli Saus Tiram dan Udang Saus Mentega ala Resto

Odilia WS - detikFood Rabu, 01 Apr 2020 08:30 WIB
Fresh Vegetables Roasted in a Cast Iron Skillet. Foto: Istock
Jakarta -

Tanggal muda bisa menyajikan yang sedikit mewah gaya restoran China. Ada sup pedas asam khas Szechuan dan udang goreng mentega. Makin enak disantap hangat.

Menjaga selera makan keluarga bukan hal mudah apalagi sudah lebih dari 2 minggu mereka di rumah saja. Menghadirkan menu restoran favorit bisa jadi ide menarik. Seperti tumis brokoli dan udang saus mentega yang enak dimakan hangat.

Sup gaya Szechuan dengan paduan sayuran dan bumbu cuka hitam bisa jadi penggugah selera. Bikinnya tak sulit dan bisa di sajikan sebagai makanan pembuka yang sangat menyegarkan.

Udang goreng dengan saus mentega bisa jadi pilihan yang menggugah selera. Bahan dan bumbunya mudah didapat. Membuatnya tidak sulit dan rasanya juga gurih enak.

Masak Apa Hari Ini : Brokoli Saus Tiram dan Udang Saus Mentega ala RestoFoto: detikfood



1. Hot and Sour Soup

Sajian yang satu ini sangat populer di restoran China. Sup khas Szechuan yang rasanya pedas asam segar tidak terlalu sulit membuantnya. Isiannya ayam, telur, rebung dan sayuran.

Selain rebung segar bisa dipakai rebung kalengan. Kelebihan rebung kalengan tidak beraroma pesing. Cukup tiriskan dan iris kecil panjang seperti batang korek api. Jika suka bisa ditambahkan wortel yang diiris dengan ukuran sama.

Untuk rasa asam, bisa dipakai cuka hitam atau cuka putih atau air jeruk nipis dan lemon. Untuk rasa pedas bisa disesuaikan dengan selera. Untuk tahapan membuat sup asam pedas bisa dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Brokoli Saus Tiram dan Udang Saus Mentega ala RestoFoto: detikfood




2. Wok Fried Broccoli with Mushroom

Tumisan brokoli ini jadi andalan menu berbagai restoran China. Sajian sayur ini bahan utamanya brokoli. Brokoli termasuk sayuran kaya antioksidan. Pilih brokoli dengan kuntum rapat dan berwarna hijau tua.

Sebelum ditumis blansir brokoli lebih dulu agar aroamnya tidak langu. Didihkan air secukupnya dalam panci, celupkan dalam air mendidih beberapa menit. Kemudian rendam dalam air es hingga dingin lalu tiriskan.

Jika memakai jamur shitake atau hioko kering, rendam dalam air panas hingga lembek dan mengembang seperti jamur segar. Tiriskan jamur dan sisihkan air perendamnya untuk dicampurkan dalam kaldu sup agar rasanya enak. ikuti tahapan pembuatannya di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Brokoli Saus Tiram dan Udang Saus Mentega ala RestoFoto: detikfood



3. Udang Goreng Saus Mentega

Udang yang gurih disukai semua orang termasuk anak-anak. Olahan udang ini memakai jenis udang windu atau jerbung yang segar. Kulit dan kepalanya masih lekat dan aromanya segar tak ada aroma menyengat.

Gunting sungut udang dan kaki udang lalu gunting dan sayat punggung udang. Ini untuk memudahkan menyantap udang. Sebaiknya jangan terlalu lama menggoreng agar daging udang tidak terlalu liat.

Untuk sausnya gunakan mentega tawar agar rasanya lebih gurih enak. Masak udang dengan bumbunya beberapa saat hingga mendiidh dan bumbu meresap. Ikuti cara membuat udang saus mentega dengan resep ini.



Simak Video "Pedas Nampol Hidangan Sode Udang Khas Kutai"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)