Masak Apa Hari Ini : Soto Padang dan Sambal Ikan Bilih yang Sedap

Odilia WS - detikFood Selasa, 31 Mar 2020 08:30 WIB
soto Padang Foto: detikfood
Jakarta -

Masakan Sumatra Barat kaya bumbu dan bikin lahap makan. Ada soto Padang yang gurih harum kuahnya. Dipadu dengan perkedel dan sambal ikan bilih makin mantap.

Berbeda dengan soto di Jawa, soto Padang kuahnya berupa kaldu daging dengan bumbu rempah yang harum. Isinya dendeng yang renyah gurih dan suun yang lembut mulur.

Ikan air tawar yang mungil ikan bilih paling enak digoreng kering. Tentu saja makin mantap dengan sambal yang halus dan pedas menyengat rasanya. Lauk ini bikin kalap makan nasi putih.

Meski tampak sederhana, perkedel kentang bisa jadi teman makan soto dan lauk lainnya. Gurih garing di bagian luar tetapi lembut di bagian dalam. Perkedel selalu enak buat pendamping makan.

Masak Apa Hari Ini : Soto Padang dan Sambal Ikan Bilih yang SedapFoto: iStock



1. Soto Padang

Soto ini biasa disajikan dalam mangkuk porselen mungil dilengkapi sendok bebek. Diracik dengan potongan ketupat, suun dan suwiran dendeng garing lalu disiram kaldu berbumbu rempah yang wangi.

Rahasia kaldu sapi yang bening dan gurih, selalu direbus perlahan dengan api kecil. Bumbu kapulaga dan rempah lainnya harus dimasak perlahan agar menyatu dengan kaldu.

Dendeng sapi sebagai isian biasanya dibumbui sederhana, diiris tipis lalu digoreng garing dan disuwir kasar. Rasa kriuk renyahnya bikin soto jadi enak. Ikuti tahapan membuat soto Padang yang enak ini melalui resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Soto Padang dan Sambal Ikan Bilih yang SedapFoto: Ari Saputra/detikcom



2. Sambal Ikan Bilih

Meskipun kecil ukurannya ikan bilih dari danau Maninjau sudah kondang kelezatannya. Biasanya dijual dalam bentuk sudah kering dan harganya relatif mahal. Sebaiknya pilih yang tidak terlalu kecil agar tak hancur saat digoreng.

Untuk menghangatkan, panaskan minyak banyak hingga panas benar lalu masukkan ikan bilih. Aduk sebentar lalu angkat. Proses ini akan membuat ikan garing dan renyah.

Sementara untuk sambalnya, tumis hingga benar-benar matang dan mendidih. Boleh ditambahkan irisan kecombrang agar lebih segar rasanya. Ikuti langkah-langkah pembuatan melalui resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Soto Padang dan Sambal Ikan Bilih yang SedapFoto: Getty Images



3. Perkedel Kentang

Terlihat gampang tetapi banyak orang gagal membuat perkedel kentang yang mulus. Biasanya karena kentang terlalu banyak mengandung air sehingg pecah saat digoreng.

Untuk itu pilihlah kentang yang tua umbinya, keras dan mulus. Kupas lalu potong-potong dengan ukuran sama tebal lalu goreng hingga lunak. Proses ini mencegah adonan kentang berair.

Sebagai tambahan rasa bisa diaduk dengan kornet, ayam atau daging cincang. Aduk hingga rata dan bentuk bulat panjang atau bundar pipih. Goreng dalam minyak panas banyak hingga kering kedua sisinya. Resep membuat perkedel kentang bisa dilihat di sini.



Simak Video "Icip-icip Soto Padang Legendaris di Pasar Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)