Masak Apa Hari Ini : Sayur Asem dan Nasi Gurih Ikan Asin yang Mantap

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 27 Mar 2020 08:30 WIB
Sayur asem Foto: Istimewa
Jakarta -

Masakan sederhana yang menggoda selera saat di rumah. Ikan asin yang gurih dan sayur asem gaya Jakarta bisa jadi pilihan menaikkan nafsu makan.

Menjaga stamina keluarga harus tetap dilakukan. Tentu saja melalui masakan sederhana dan enak seperti sayur asam betawi dengan isian sayuran yang kuahnya bening pedas dan segar.

Sebagai lauknya ada ikan goreng garing dengan siraman tumisan cabai dan tomat muda yang pasti menggetarkan lidah. Gurih-gurih, segar dan pedas menyengat dan bikin semangat makan.

Kalau suka nasi gurih, bisa membuat nasi gurih dengan rice cooker. Selagi hangat diberi topping ikan asin jambal dengan paduan cabai rawit merah. Dijamin lahap menyantapnya apalagi saat masih hangat.

Jangan kendor semangat karena kesehatan keluarga paling utama saat ini. Semuanya tergantung pada menu makanan harian yang Anda siapkan. Rekomendasi resep-resep detikfood ini bisa jadi inspirasi untuk tetap semangat memasak buat keluarga.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Asem dan Nasi Gurih Ikan Asin yang MantapFoto: detikfood



1. Sayur Asem Betawi

Sayur asam atau sayur asem merupakan sayur sederhana yang populer di pulau Jawa. Ada yang memakai bumbu halus dan ada juga bumbu iris. Rasanya yang pedas, asam segar jadi ciri khasnya.

Isian sayuran bisa sesuai selera tetapi untuk sayuran keras seperti llabu siam dan jagung manis bisa direbus gulu. Sayuran lunak seperti daun melinjo dan kacang panjang bisa direbus terakhir. Untuk oncom jika tak ada bisa diganti tempe.

Untuk memberi rasa asam bisa dipakai belimbing sayur, asam muda yang direbus hingga lunak dan disaring. Atau bisa dipakai asam Jawa yang dilarutkan dalam air panas. Cara mudah membuat sayur asem betawi bisa dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Asem dan Nasi Gurih Ikan Asin yang MantapFoto: Dok. detikFood




2. Ikan Goreng Salsa Bawang Merah

Jenis ikan bisa dipilih sesuai pilihan, sebaiknya pilih jenis ikan kecil seperti kembung, terisi, selar yang dagingnya lebih gurih. Siangi ikan hingga bersih lalu cuci dan tiriskan hingga airnya kering.

Setelah direndam bumbu goreng ikan dalam minyak banyak dengan api sedang dan ikan terendam minyak. Tak perlu dibalik-balik, seluruh badan ikan akan kering merata karena terendam minyak.

Sebaiknya bikin salda bawang merah beberapa jam sebelumnya supaya jus tomat dan cabe menyatu. Siramkan ke atas ikan goreng saat akan disajikan agar rasa ikan tetap renyah. Ikuti petunjuk resepnya di sini.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Asem dan Nasi Gurih Ikan Asin yang MantapFoto: Ari Saputra/detikcom



3. Nasi Gurih Ikan Asin

Nasi gurih bisa dibuat dengan rice cooker. Cara memasaknya seperti nasi biasa. Hanya saja airnya diganti dengan santan. Sebaiknya gunakan santan encer. Bisa memakai santan instan yang dilarutkan dengan air.

Jangan memakai santan terlalu kental karena akan membuat nasi berminyak dan berkerak. Setelah nasi masak, buka rica cooker dan aduk-aduk agar tidak terbentuk kerak di dasar wadah rice cooker.

Untuk ikan asin selain jambal roti bisa dipakai jenis ikan asin lain. Atau gunakan teri tawar atau teri medan. Taburkan tumisan ikan asin saat akan disajikan. Lengkapi dengan lalapan segar. Langkah pembuatan nasi gurih praktis bisa dilihat di sini.



Simak Video "Bikin Laper: Kerang Kampak Bakar Keju di Alam Sutera"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)