Viral Belanja ke Pasar Pakai Hazmat Bikin Netizen Emosi

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 25 Mar 2020 14:30 WIB
Pakai hazmat ke pasar Foto: Instagram @istikathin/Getty Images
Jakarta -

Heboh dua orang belanja ke pasar pakai hazmat. Bukannya dipuji karena melindungi diri dengan baik malah bikin netizen emosi.

Media sosial Twitter kembali dihebohkan dengan viralnya dua orang yang belanja ke pasar tradisional menggunakan hazmat. Hal tersebut dibagikan oleh akun Twitter @afrkml kemarin (24/3).

Unggahannya tersebut dilengkapi gambar dua orang yang menggunakan hazmat terlihat berbelanja di pasar tradisional. Gambar tersebut ia dapatkan dari hasil tangkap layar akun Instagram @istikathin.

Viral Belanja ke Pasar Pakai Hazmat Bikin Netizen EmosiFoto: Instagram @istikathin/Getty Images

Ia pun memberikan caption bertuliskan, "KEBACUT." Hasilnya unggahan pria bernama Rizal ini dibanjiri komentar netizen dan sampai saat ini telah mendapatkan likes sebanyak 1.300 serta di-retweet oleh 831 pengguna Twitter.

Dalam foto tersebut juga diberikan tulisan, "Aku ngerti teman2 mungkin panik, khawatir, takut.. tapii ya gak beli cabe pake hazmat juga sihh.." tulisan lainnya, "Yang paling sedih diantara kekacauan ini adalah teman2 di RS/klinik yang masih tetap mau periksa pasien tanpa APD. Padal kami dibenarkan untuk tidak memeriksa pasien jika tidak ada alat pelindung diri."

Bukannya dipuji karena menggunakan perlindungan penuh saat pergi ke pasar dan berbelanja. Namun malah membuat netizen emosi. Pasalnya masih banyak tenaga medis yang menangani virus corona di Indonesia kekurangan hazmat dan APD. Hal ini memaksa mereka memakai perlengkapan seadanya yang sangat membahayakan kesehatan mereka.

Viral Belanja ke Pasar Pakai Hazmat Bikin Netizen EmosiFoto: Instagram @istikathin/Getty Images

Baca Juga: Ahli Kesehatan Beri 5 Tips Aman Makan di Restoran selama Wabah Virus Corona

Hazmat atau hazardous materials adalah pakaian dekontaminasi yang digunakan untuk proteksi melawan material berbahaya. Sekarang ini hazmat banyak digunakan oleh tenaga medis yang menangani pasien yang terjangkit virus corona yang berbahaya.

Netizen Twitter pun menjadi emosi karena dua orang yang berbelanja di pasar menggunakan hazmat tersebut. Bahkan ada yang mengatakan kalau hazmat di salah satu puskesmas hanya teredia satu saja.

Komentarnya, "Kepasar pake hazmat, di puskesmas aja hazmat cuma 1 doang yak @ameldv_" tulis akun Twitter @cepicaesaria.

Viral Belanja ke Pasar Pakai Hazmat Bikin Netizen EmosiFoto: Instagram @istikathin/Getty Images

Ada juga yang berkomentar kalau dua orang yang memakai hazmat tersebut sedang menjemput pasien virus corona. Namun langsung dibantah oleh Rizal, pasalnya terlihat di gambar bahwa dua orang tersebut terlihat menyentuh sana-sini. Bahkan satu orang yang menggunakan hazmat juga menggunakan tas seperti sedang berbelanja.

Netizen yang emosi lainnya adalah akun Twitter @gatauaww dengan komentarnya, "Gak mungkin se tenaga medis nyasar di pasarSmiling face with open mouth and cold sweat. Kalo ini netizen sampek gini parah kebacut se. APD langka, sampek tenaga medis makek seadanya. Kasian tenaga medis yang lebih sangat amat butuh daripada kalian."

Menjaga diri dengan perlindungan terbaik untuk menghadapi virus corona memang sebaiknya dilakukan. Tapi seharusnya tidak perlu menggunakan hazmat. Karena tenaga medis lebih memerlukannya untuk saat ini.

Viral Belanja ke Pasar Pakai Hazmat Bikin Netizen EmosiFoto: Instagram @istikathin/Getty Images

Jika ingin tetap aman dari virus corona saat berbelanja ke pasar bisa melakukan pencegahan diri. Seperti menggunakan baju yang nyaman, memakai masker penutup hidung dan mulut, membawa hand sanitizer.

Lalu Anda bisa datang lebih pagi karena pengunjung masih sepi, bawa kotak kemasan untuk menaruh barang belanjaan agar tetap bersih. Setelah sampai rumah Anda juga harus segera mencuci tangan, kaki, dan ganti baju. Bahan makanan yang Anda beli pun segera dicuci sebelum disimpan ke dalam kulkas atau freezer.

Baca Juga: Cara Mencegah Virus Corona Saat Belanja di Pasar Tradisional



Simak Video "Nyam! Kreasikan Isi Burgermu Sendiri di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)