Begini Cara Desinfeksi Dapur dan Makanan dari Virus Corona

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 25 Mar 2020 12:00 WIB
Bersihkan dapur Foto: shutterstock
Jakarta -

Cara desinfeksi makanan dan dapur ini menjamin semuanya bersih dan steril. Hal ini perlu dipraktekkan di tengah pandemi virus corona seperti sekarang.

Epidemiolog Aubree Gordon dari Universitas Michigan, Amerika Serikat mengatakan pada Huffington Post (25/3) kalau ritual makan bersama keluarga tetap perlu dilakukan di tengah wabah virus corona. Sebab kebiasaan ini bisa menguatkan satu sama lain.

Hanya saja penting diperhatikan kalau makanan dan dapur tempat mengolahnya harus bersih dari virus maupun bakteri. Anda disarankan rutin membersihkan area dapur sekaligus memraktekkan hal-hal terkait keamanan pangan.

Berikut tips dari para pakar untuk menjaga kebersihan dapur selama pandemi virus corona.

Begini Cara Desinfeksi Dapur dan Makanan dari Virus CoronaFoto: Istimewa

1. Bersihkan dapur lebih dari sekali sehari

"Dengan kondisi setiap orang bekerja dan belajar di rumah sekarang, Anda perlu membersihkan dapur beberapa kali sehari. Kabar baiknya, cara membersihkan dapur yang tepat akan berhasil menyingkirkan virus," kata Brian Sansoni dari American Cleaning Institute.

Virus corona lebih menempel pada permukaan plastik dan stainless steel alih-alih di permukaan tembaga atau kertas karton. Virus ini bertahan sampai 72 jam di plastik dan stainless steel. Manfaatkan cairan pembersih dapur untuk melakukan hal ini.

2. Area yang perlu dibersihkan

Ahli kimia William F. Carroll Jr. dari Indiana University menjelaskan area-area yang perlu dibersihkan. Diantaranya permukaan meja dan lemari dapur, meja makan jika ada di dapur, pintu kulkas, talenan, dan tombol-tombol kompor.

Lebih baik jika Anda menggunakan campuran air dan sabun untuk membersihkan area tersebut. Gunakan spons agar lebih efektif. Terakhir, jangan lupa cuci spons sampai bersih.

Begini Cara Desinfeksi Dapur dan Makanan dari Virus CoronaFoto: Istock

3. Desinfeksi dengan cairan pembersih

Di pasaran ada cairan pembersih dapur yang bisa dimanfaatkan. Pilih yang bersifat 'bleach', biasanya mengandung larutan natrium hipoklorit atau hidrogen peroksida yang memiliki fungsi mensterilkan.

Bisa juga yang mengandung 70% isopropil alkohol karena jenis ini efektif membunuh virus termasuk corona. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan campur 4 sdt larutan bleach dalam 1 liter air. Semprotkan cairan ini pada area yang ingin dibersihkan. Diamkan selama 1 menit hingga kering.

Supaya lebih aman, Anda harus membaca petunjuk pemakaian tiap cairan pembersih dapur/bleach. Bisa jadi memiliki waktu pengeringan yang berbeda.

4. Pakai air sabun ketimbang cuka

Virus corona rentan terhadap air sabun. Karenanya pakai larutan ini dibanding cuka. Larutan cuka kurang efektif membunuh bakteri dan virus termasuk corona.

Begini Cara Desinfeksi Dapur dan Makanan dari Virus CoronaFoto: Thinkstock

5. Pakai sarung tangan tak masalah

Saat membersihkan dapur, tak masalah jika ingin pakai sarung tangan sekali pakai. Kalau tak ada, bisa pakai tangan telanjang. Hanya saja pastikan sering mencuci tangan dengan benar.

6. Bersihkan wadah-wadah makanan

Wadah makanan seperti kotak penyimpanan juga perlu dilap dan dibersihkan. Wadah ini bisa dipakai untuk menyimpan bahan makanan kering seperti pasta atau sereal.

Begini Cara Desinfeksi Dapur dan Makanan dari Virus CoronaFoto: iStock

7. Cuci buah dan sayur

Buah, sayur, dan bahan makanan segar lain tak perlu dicuci dengan larutan desinfeksi. Cukup dengan membilasnya menggunakan air atau merendamnya. Mulai dari sayuran hijau, sayuran akar, sampai sayuran dan buah yang teksturnya keras, berikut cara mencucinya. https://food.detik.com/info-sehat/d-4943769/cegah-virus-corona-cuci-sayuran-dan-buah-dengan-cara-ini

8. Sering cuci tangan
Terakhir, penting untuk selalu mencuci tangan dengan benar. Paling tidak selama 20 detik. Gunakan sabun cuci tangan. Setelah itu keringkan dengan handuk bersih. Jangan sampai mengelap tangan kotor di handuk bersih.



Simak Video "Tips Memilih dan Menyimpan Bahan Makanan Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)