Salut! Netizen Patungan Kirim Makanan Untuk Para Perawat dan Dokter

Devi Setya - detikFood Senin, 23 Mar 2020 18:00 WIB
bagikan makanan gratis Foto: instagram @nutrisigardaterdepan
Jakarta -

Perawat dan dokter yang menangani kasus virus corona mendapat perhatian dari netizen. Secara kompak, netizen mengumpulkan uang untuk membantu memenuhi kebutuhan makan para tenaga medis.

Lewat gerakan bertajuk 'Nutrisi Garda Terdepan' ratusan netizen menyumbangkan donasi untuk nantinya digunakan sebagai modal membeli makanan. Makanan dan minuman gratis ini disalurkan ke rumah sakit yang ditunjuk sebagai rujukan bagi pasien virus corona.

Salut! Netizen Patungan Kirim Makanan Untuk Para Perawat dan DokterFoto: instagram @nutrisigardaterdepan


Baca juga : Selama WFH, Warung Ini Berikan Makanan Gratis untuk Driver Ojol


Gerakan ini digagas oleh dua anak muda yakni Henny Zidny dan Eghar Anugrapakasi. Sejak dimulai seminggu yang lalu tiap harinya makin banyak donatur yang ikut menyumbangkan sejumlah uang ataupun makanan. Lewat kitabisa.com, sumbangan dikumpulkan dan dihimpun sebelum disalurkan.

"Seperti yang kita ketahui, saat ini Indonesia sedang berjuang menghadapi Covid-19. Para petugas medis (dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya) berada di garda terdepan dalam menghadapi kasus Covid 19. Tidak sedikit dari mereka yang mengalami kelelahan fisik dan mental. Mereka membutuhkan energi yang besar dan tidak bisa bergerak sendirian," tulis keterangan pada akum resmi gerakan ini.

Sesuai dengan visi misinya, aksi ini dilakukan untuk mencoba memenuhi kebutuhan nutrisi para petugas medis. Seluruh dana yang terkumpul nantinya akan diumumkan secara transparan lewat media sosial resmi seperti instagram dan twitter.

Awal digerakkan, target utamanya mengumpulkan dana hingga Rp 620 juta. Namun data terakhir per tanggal 23 Maret menunjukkan dana yang terkumpul sudah lebih dari Rp 671 juta .

Hasil penyaluran dana juga diumumkan secara gamblang lewat instagramnya. Pendistribusian jumlah sumbangan juga diumumkan dengan jelas jadi semua hasil donasi bisa tersalurkan tepat sasaran.

"Sabtu, 21 Maret 2020, telah dilakukan distribusi makanan ke 4 rumah sakit untuk total 717 tenaga kesehatan."

Selain dalam bentuk uang, donatur juga bisa menyumbang makanan dan minuman. Di awal gerakan, distribusi makanan hanya dilakukan untuk tenaga kesehatan di Jakarta. Namun saat ini aksinya semakin luas dan melebar ke kawasan Semarang.

Salut! Netizen Patungan Kirim Makanan Untuk Para Perawat dan DokterFoto: instagram @nutrisigardaterdepan


Jenis makanan dan minuman yang disalurkan juga berbeda-beda. Mulai dari nasi kotak, minuman kopi, jus, susu, vitamin hingga roti. Tentunya semua makanan disalurkan dengan prosedur yang aman. Para petugas mengantarkan makanan dengan alat pelindung seperti masker dan sarung tangan.

Baca juga : Gerakan Bagi Makanan Gratis Untuk Driver Ojol Bikin Netizen Terharu


Lewat instagramnya, berbagai foto dibagikan. Unggahan berbagai foto pun memancing perhatian netizen.

"Selamat berjuang para tenaga kesehatan kita! Semoga semuanya sehat dan semua ini cepat berlalu," ujar netizen.

"Semoga sehat-sehat semua pejuang Covid-19 @nutrisigardaterdepan semoga Allah mudahkan segala amanah para tenaga medis," tulis netizen.



Simak Video "Layanan Katering Haji Ini Bagi-bagi Makanan Gratis untuk Nakes"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/dvs)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com