Kue Cokelat Ini Bisa Dibuat Tanpa Telur dan Mentega

Devi Setya - detikFood Senin, 23 Mar 2020 16:30 WIB
kue tanpa telur Foto: istimewa
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja
Jakarta -

Dengan bahan sederhana, kamu bisa membuat kue enak. Tanpa telur, susu dan mentega, cake cokelat enak bisa dibuat di rumah.

Rak-rak supermarket mendadak kosong di beberapa negara di dunia. Karena banyak masyarakat di sana 'panic buying' dan memborong semua bahan makanan. Sebagian besar negara-negara di dunia juga mengharuskan warganya untuk isolasi diri di rumah untuk menghindari sebaran virus corona.

Terbatasnya bahan baku justru bisa membuat orang menjadi kreatif. Termasuk ketika membuat kue dengan bahan seadanya. Dilansir dari Metro (23/3) cake cokelat enak bahkan bisa dibuat tanpa tambahan telur, susu maupun mentega.

Kue Cokelat Ini Bisa Dibuat Tanpa Telur dan MentegaFoto: istimewa


Baca juga : Usai Viral Video Kupas Bawang, Kini Ada Video Cara Praktis Potong Kue


Jika biasanya membuat kue harus mencampurkan terigu, gula, telur, dan mentega. Tapi kue yang satu ini bisa dibuat dengan tanpa mengandalkan telur dan mentega. Dua bahan ini bisa diganti dengan air.

Kamu cukup menyiapkan enam bahan kering saja yakni tepung terigu, baking powder, vanila, minyak, air, gula dan bubuk cokelat. Kue tanpa telur dan susu ini bisa jadi alternatif bagi para vegetarian dan juga orang yang alergi susu. Resep ini dibagikan oleh Andrea Soranidis yang populer dengan sebutan Petite Cook.

Untuk membuat kue ajaib ini, kamu bisa membuat campuran bahan basah seperti air dan minyak. Kemudian dalam wadah terpisah bisa mencampurkan bahan kering seperti tepung, baking soda, gula dan bubuk cokelat. Dua bahan ini kemudian dicampur dan diaduk secara perlahan.

Minyak dan air bisa menggantikan fungsi telur dan mentega. Meski rasanya kurang gurih tapi kue ini tetaplah lembut layaknya kue pada umumnya.

Andrea menjelaskan ia membuat kue ini saat menjalani masa karantina di rumahnya. Ia ingin membagikan resep kue agar semua orang bisa membuat kue sederhana di rumah masing-masing dengan bahan seadanya di rumah.

"Semua supermarket mengalami kekurangan bahan, saya pikir akan sangat membantu kalau saya membagikan resep kue yang bisa dibuat tanpa telur, mentega maupun susu. Semoga kue ini bisa membantu orang bersenang-senang sambil memasak di rumah," ujar Andrea.

Kue Cokelat Ini Bisa Dibuat Tanpa Telur dan MentegaFoto: istimewa


Resep kue ini juga bisa dibuat sesuai kreasi masing-masing. Anda bisa menambahkan kacang, chocolate chips, buah kering dan aneka bahan lainnya. Kue yang sudah matang ini bahkan bisa disimpan selama 5 hari dalam wadah kedap udara sehingga bisa jadi stok makanan.

Kalau membuatnya dalam jumlah banyak, kamu bisa berbagi dengan kerabat atau tetangga. Kemas kue dalam wadah tertutup rapat lalu kirimkan ke depan pintu rumah tetangga tanpa melakukan kontak fisik. Masa isolasi diri bisa jadi kegiatan menyenangkan meskipun dengan segala keterbatasan.

Mau mencoba membuat kue ini? Andrea juga membagikan resepnya.

Bahan
380 ml air
80 ml extra virgin atau minyak zaitun
1 sdt esence vanila
370 gr tepung terigu
2 sdt baking powder
240 gr guula
4 sdm cokelat bubuk

Cara membuat
1. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celsius.
2. Campur minyak zaitun, air dan ekstrak vanila, aduk hingga rata.
3. Dalam mangkuk besar, campurkan tepung terigu, baking powder, gula dan cokelat bubuk. Aduk hingga rata.
4. Tuang campuran air dan minyak ke dalam campuran terigu lalu aduk perlahan hingga rata dan mengembang.
5. Tuang adonan kue ke dalam loyang lalu panggang selama 40 menit hingga matang.
6. Angkat kue lalu keluarkan dari dalam loyang. Taburi dengan gula bubuk dan sajikan segera.

Baca juga : 5 Resep dan Cara Membuat Kue Ulang Tahun Sederhana dan Cantik



Simak Video "Gurih Asin Kue Mentai Cake yang Bikin Nagih"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja