Pencinta Durian, di Kebun Antapsari Ini Ada Durian Bakar Aneka Rasa

Imam Suripto - detikFood Senin, 23 Mar 2020 11:00 WIB
Durian Bakar Foto: dok. detikFood/Imam Suripto
Brebes -

Durian segar banyak ditawarkan penjual durian. Yang satu ini durian bakar dengan aneka rasa seperti keju, cokelat dan susu. Kayak apa ya rasanya?

Selain menyajikan durian matang pohon, kebun durian Antapsari Desa Rajawetan, Kecamatan Tonjong, Brebes, Jawa Tengah, kini menyajikan varian olahan durian baru. Durian bakar aneka rasa, mulai dari rasa keju, cokelat, susu dan meisjes.

Sajian menu baru berbahan dasar durian ini sengaja untuk memanjakan lidah para penikmat durian. Bagi yang bosan dengan duren segar matang pohon, bisa mencicipi sensasi durian bakar ini.

Foto: dok. detikFood/Imam Suripto

Debi (42) pengelola kebuh durian Antapsari mengungkapkan, varian duren aneka rasa ini terinspirasi martabak manis. Dari martabak inilah, dia mencoba menerapkannya pada durian.

"Awalnya dari kesukaan saya makan martabak manis. Karena saya biasa makan martabak manis ini jadi terpikir, kenapa tidak dibikin, dicoba dengan makan durian berbagai varian biar tidak bosen," kata Debi membuka obrolan.

Durian yang dipilih untuk dibakar adalah durian montong. Selain manis, daging durian montong tergolong tebal, yakni antara 2 sampai 3 cm. Selain itu, buahnya besar sehingga lebih mengenyangkan.

Foto: dok. detikFood/Imam Suripto

Penyajian makanan ini diawali dari membakar durian selama 30 menit di atas bara api. Setelah matang, daging durian diberi topping sesuai pilihan.

"Daging (durian) setelah dibakar teksturnya lembut banget. Warnanya cerah dan aroma duriannya berkurang. Rasa dagingnya juga makin manis," lanjut Debi ditemui di kebun Antapsari, Minggu (22/3/2020) siang.

Seorang pengunjung, Fajar (32) asal Bumiayu mengaku, durian bakar ini sangat cocok dengan mereka yang tidak menyukai aroma durian. Menurut dia, durian bakar ini sama sekali tidak berbau tajam.

Foto: dok. detikFood/Imam Suripto

"Cocok untuk orang yang tidak suka dengan aroma durian, jadi recomended banget soalnya seperti sebuah makanan baru. Duren juga tambah manis," kata Fajar.

Berbeda dengan yang dirasakan Rifa (33) asal Brebes. Wanita ini awalnya sama sekali tidak tertarik dengan menu ini.

"Awalnya sih lembek lembek gitu, dan kelihatannya gimana gitu. Ternyata baru tahu rasa durennya enak. Ini inovasi baru," tukasnya.

Harga jual durian bakar ini cukup terjangkau. Satu kilo durian montong dibandrol Rp.70 ribu plus ongkos bakar Rp.10.000 perkilo dan biaya tambahan topping sesuai pilihan.



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)