Masak di Rumah Aja

5 Tips Bikin Soto Ayam Bening yang Gurih Sedap

Devi Setya - detikFood Minggu, 22 Mar 2020 09:00 WIB
soto ayam Foto: istimewa
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja
Jakarta -

Membuat soto memang susah-susah gampang. Kuah kaldu yang gurih dilengkapi dengan isian komplet bikin soto ayam pas jadi teman makan nasi.

Setiap daerah di Indonesia punya ragam soto khas. Ada soto yang mengandung santan tapi ada juga soto bening yang diracik tanpa tambahan santan. Soto bening termasuk yang disukai banyak orang karena kuahnya gurih segar.

Mau bikin soto bening di rumah? Ikuti tips mudah membuat soto ayam bening ini.

1. Siapkan bahan

5 Tips Bikin Soto Ayam Bening yang Gurih SedapFoto: iStock


Sebelum membuat soto ayam bening, siapkan lebih dulu semua bahan dan bumbunya. Seperti daging ayam, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, sereh, daun salam dan lain sebagainya. Kalau semua bahan sudah siap, soto bisa langsung diracik.

Untuk membuat soto gunakan ayam yang usianya tua. Ayam yang tua menghasilkan kaldu yang lebih gurih. Daging ayam tua yang bertekstur padat juga cocok jadi pelengkap soto ketika dijadikan ayam suwir.

Baca juga : Cara Membuat Soto Ayam yang Gurih Enak


2. Tumis bumbu halus

5 Tips Bikin Soto Ayam Bening yang Gurih SedapFoto: Getty Images /Detikfood


Jangan dulu merebus ayam jika bumbunya belum siap. Haluskan bumbu soto mulai dari bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe dan merica. Kalau mau membuat soto bening kuning, tambahkan kunyit yang juga dihaluskan bersama bumbu lainnya.

Tak hanya bumbu halus, Anda juga harus menyiapkan bumbu pelengkap seperti sereh, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Semua bumbu ini ditumis hingga harum dan matang lalu angkat dan sisihkan. Bumbu tumis ini bisa dicampurkan pada air rebusan ayam.

3. Teknik merebus ayam

5 Tips Bikin Soto Ayam Bening yang Gurih SedapFoto: iStock


Siapkan ayam yang sudah dipotong-potong lalu rebus dalam panci. Masukkan ayam saat air masih dalam keadaan dingin agar pori ayam terbuka dan seluruh sari ayam keluar maksimal. Jika ada busa mengumpul di permukaan air, buang segera karena ini adalah kotoran dan lemak.

Masukkan bumbu halus yang sudah ditumis, masak dengan api sedang selama 1 jam. Angkat ayam namun tetap masak kuah kaldunya. Goreng ayam hingga matang, angkat dan sisihkan.

4. Bahan isian soto

5 Tips Bikin Soto Ayam Bening yang Gurih SedapFoto: iStock


Siapkan bahan isian soto seperti bihun, tauge dan kol yang diiris halus. Campurkan bahan isian ini ke dalam mangkuk, jangan lupa lengkapi dengan daging ayam suwir.

Guyur dengan kuah kaldu soto yang masih panas, sajikan segera selagi masih hangat. Soto bisa juga dilengkapi dengan berbagai pelengkap seperti sambal, kecap manis dan jeruk nipis supaya rasanya semakin segar

Baca juga : 5 Resep Soto Populer Jawa, dari Soto Kudus hingga Lamongan


5. Sambal pelengkap

5 Tips Bikin Soto Ayam Bening yang Gurih SedapFoto: iStock


Makan soto kurang lengkap jika tak ditambah sambal. Pedasnya rasa sambal membuat soto jadi lebih nendang dan menambah selera makan.

Resep sambal soto
Bahan
10 butir cabai rawit merah
5 siung bawang putih
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Ulek cabai dan bawang putih hingga halus,
2. Tambahkan garam secukupnya, aduk rata,
3. Sajikan sebagai pelengkap soto



Simak Video "Soto Ayam Ambengan Pikul Jadi Soto Legendaris "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja