Masak di Rumah Aja

Anti 'Panic Buying', 3 Racikan Nasi Telor Ceplok Enak Buat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 20 Mar 2020 05:30 WIB
Nasi Telor Sentsoa Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Di masa isolasi dan diam di rumah, kamu tetap bisa sarapan enak. Menu sederhana telor ceplok plus kecap manis juga bisa jadi sarapan kaya nutrisi.

Anjuran untuk di rumah saja selama masa karantina ditanggapi beragam oleh masyarakat. Tak sedikit yang tergoda untuk belanja bahan pokok berlebihan sebagai stok. Terutama setelah terembus isu 'lockdown' di beberapa kota di Indonesia.

Tetapi seorang netizen justru sebaliknya memberikan ide keren. Netizen dengan akun IG @edwardsuhadi milik entrepreneur Edward Suhadi justru membagikan menu sederhana yang nikmat yaitu telor ceplok, nasi dan kecap manis.

'Selalu ada telor ceplok. Panic buying bukan soal orang susah makan, tapi soal membuat suasana keruhyg berbuntut panjang kemana2. Padahal makan sama telor ceplok sudah bikin merem melek.

Bagikan yuk. Saya sudah buat dgn sederhana supaya dimengerti, dan semoga mengurungkan niat latah panic buying," demikian tulis Edward.

Video yang dunggah di IGTV oleh Edward memperlihatkan sepiring nasi putih dengan topping telor ceplok setengah matang yang dikucuri kecap manis diunggah sehari yang lalu. Sudah dilihat 345.497 kali dan mendapatkan 550 komentar yang semuanya positif.

Anti 'Panic Buying', 3 Racikan Nasi Telor Ceplok Enak Buat SarapanFoto: Instagram @edwardsuhadi


Soal nasi telor ceplok ini juga pernah viral di sosial media beberapa waktu lalu. Nasi telor ceplok di Jl. Gajah Mada Pontianak yang dijual oleh RM Ayong 999. Nasi telor ceplok dengan bumbu bawang putih ini dijual seharga Rp 7.000 dan menjadi viral.

Kepopuleran nasi telor ceplok ini kemudian berlanjut dengan adanya beberapa gerai yang dirintis oleh beberapa orang. Menu utamanya nasi telor ceplok atau telur dadar dengan berbagai varian. Sebut saja nasi telor Sentosa yang punya banyak cabang.

Kemudian ada Nasi Telur Baba Aceng, Nasi Telur Mamak, Silor dan Eggtacular. Varian nasi telurnya juga makin beragam yang tentunya bikin rasanya makin enak. Sementara dari segi nutrisi nasi merupakan sumber karbohidrat, telur memberi asupan protein dan lemak dan kecap manis memberi asupan karbohidrat dan protein.

Sudah ngiler membayangkan nasi hangat, telur ceplok dan kecap manis? Berikut ini ada beberapa ide untuk membuat variasi supaya tak bosan.

Anti 'Panic Buying', 3 Racikan Nasi Telor Ceplok Enak Buat SarapanFoto: Istimewa



1. Telur Plus Kecap Rawit

Telur bisa dibuat telur dadar atau omelet. Kemudian untuk melengkapi rasa gurihnya bisa dibuat sambal kecap rawit. Iris halus cabai rawit lalu aduk dengan kecap manis. Jika ada kucuri sedikit air jeruk nipis dan taburi bawang merah goreng. Jangan lupa nasinya harus hangat!

2. Telur Sambal Penyetan

Kalau suka yang pedas, telur penyetan gaya Surabaya juga bisa dicontek. Siapkan telur mata sapi atau telur dadar. Kemudian siapkan sambal penyetannya. Banyaknya sambal bisa sesuai selera.

Haluskan cabe rawit merah, bawang putih dan sedikit garam. Sesuaikan jumlahnya dengan selera. Setelah halus, taruh telur goreng atau telur dadar di atas sambal dan tekan-tekan hingga agak memar. Taruh di atas nasi hangat dan nikmati segera.

3. Telur Ceplok Balado

Sebenarnya yang biasa dipadukan dengan balado adalah telur rebus. Kali ini bisa dijodohkan dengan telur goreng atau telur dadar. Untuk balado bisa disiapkan sebelumnya.

Kukus sebentar cabe merah besar yang dibuang bijinya, tomat, bawang merah dan bawang putih. Kemudian tumbuk kasar semua bahan, tambahkan sedikit garam. Tumis dengan sedikit minyak hingga matang lalu angkat. Taruh di atas telur goreng atau telur dadar.



Simak Video "Klepon Ubi Ungu, Pas Dimakan Saat Sarapan!"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)