Cegah Virus Corona, Beijing Larang Warganya Makan Saling Berhadapan di Restoran

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 19 Mar 2020 18:00 WIB
Bejing Larang Makan Bersama Foto: Istimewa
Jakarta -

Imbas virus corona yang merebak di Beijing membuat pemerintah setempat keluarkan peraturan baru. Mereka melarang warga makan saling berhadapan di restoran.

Kebijakan terbaru mengenai pencegahan virus corona baru saja dikeluarkan oleh pihak pemerintah Beijing Municipal Commerce Buerau. Pemerintah meminta semua pelaku industri makanan seperti pemilik restoran, kedai, kafe, hingga katering untuk menaruh meja dengan jarak satu meter dari meja makan lainnya.

Baca Juga: Makan Harus Sendiri, Kantin di China Terlihat Seperti Tempat Ujian karena Virus Corona

Cegah Virus Corona, Beijing Larang Warganya Makan Saling Berhadapan di RestoranFoto: Istimewa

Dilansir dari Global Times (19/03), semua restoran dan tempat makan wajib membatasi jumlah pengunjung yang makan di restoran mereka. Pihak restoran juga wajib melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada pengunjung sebelum mereka memasuki area restoran.

Kebijakan lainnya juga mewajibkan pihak restoran untuk membersihkan meja makan, pintu, wadah makanan, dan fasilitas lainnya menggunakan disinfektan secara berkala.

Setiap pengunjung yang makan di restoran juga dilarang keras makan saling berhadapan dengan pengunjung lainnya. Mereka harus makan dalam jarak yang aman untuk mencegah penyebaran virus corona.

Cegah Virus Corona, Beijing Larang Warganya Makan Saling Berhadapan di RestoranFoto: Istimewa

Pemerintah Beijing turut mendorong pihak restoran untuk mulai menggunakan teknologi QR Code. Teknologi ini meliputi pemesanan makanan dan pembayaran bill tanpa harus kontak dengan orang. QR Code sendiri sudah banyak diterapkan di restoran yang ada di China.

Semua kebijakan ini dilakukan pemerintah Beijing agar restoran bisa beroperasi seperti biasa. Karena industri restoran mengalami imbas yang cukup besar dari wabah virus corona yang membuat orang lebih banyak berada di rumah.

Meski begitu banyak kota di China yang mulai mengalami penurunan pasien virus corona. Tapi kota besar seperti Beijing dan Shanghai masih memiliki jumlah kasus yang cukup besar karena banyaknya pendatang dari luar negeri.

Cegah Virus Corona, Beijing Larang Warganya Makan Saling Berhadapan di RestoranFoto: Istimewa

Peraturan serupa juga diterapkan di beberapa kota di China. Seperti Henan University of Technology di Zhengzhou, yang membuka kantin 'outdoor' untuk para mahasiswa agar tidak tertular virus corona.

Hingga saat ini terhitung ada 207,860 kasus virus corona yang tersebar di 166 negara dan 8,657 korban jiwa.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Kampus di China Siapkan Kantin 'Outdoor' yang Higienis



Simak Video "Tips Memilih dan Menyimpan Bahan Makanan Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)