Minimalisir Sebaran Virus Corona, Supermarket Berlakukan Jam Belanja Khusus Lansia

Devi Setya - detikFood Kamis, 19 Mar 2020 14:31 WIB
jam belanja supermarket Foto: istimewa
Jakarta -

Selain rumah sakit, supermarket jadi tempat yang paling banyak dikunjungi saat maraknya virus corona. Untuk mengurangi dampak penyebaran virus corona, supermarket memberlakukan jam belanja khusus.

Dikabarkan USA Today (19/3) beberapa toko eceran dan supermarket memberlakukan jam belanja khusus untuk orang-orang yang disinyalir rentan terpapar virus corona. Jam belanja khusus ini berlaku untuk para manula dan orang-orang yang punya risiko mudah terpapar virus.

Aturan soal jam belanja khusus ini dibuat setelah banyak manula atau lansia yang kesulitan mendapatkan kebutuhan harian karena harus berebut dengan pembeli yang masih muda. Akhirnya para manula selalu kehabisan stok, padahal mereka juga membutuhkan produk makanan yang akan dikonsumsi selama masa karantina diri.

Minimalisir Sebaran Virus Corona, Supermarket Berlakukan Jam Belanja Khusus LansiaFoto: istimewa


Baca juga : Sering Unggah Video Makan, Nenek Berusia 98 Tahun Ini Jadi Seleb Online


Selain memudahkan para manula untuk berbelanja, aturan jam belanja khusus ini juga meminimalisir risiko para manula agar tidak mudah terpapar virus corona. Ahli kesehatan mengatakan orang-orang usia lanjut termasuk yang cukup mudah terpapar virus corona karena sistem imun yang sudah mulai melemah.

Beberapa supermarket ternama di Amerika Serikat seperti Walmart, Albertson, Target dan lain sebagian memberlakukan jam belanja khusus. Para manula bisa berbelanja dengan lebih leluasa sejak pagi hari sebelum toko dibuka untuk umum.

Di Walmart misalnya, orang-orang berusia 60 tahun ke atas bisa berbelanja selama satu jam sebelum toko dibuka. Aturan ini berlaku setiap hari Selasa pagi sampai tanggal 28 April 2020. Sementara di supermarket Albertsons toko akan dibuka dua jam lebih awal untuk orang-orang yang perlu mendapatkan perlakuan prioritas seperti manula, ibu hamil, orang yang sakit ringan dan orang-orang dengan keterbatasan fisik.

"Kami sengaja menyisihkan waktu ini untuk membantu para pelanggan khusus. Mereka adalah yang diidentifikasi sebagai yang paling rentan terhadap COVID-19, membuat mereka lebih nyaman berbelanja di toko kami dan membantu memastikan mereka bisa mendapatkan barang-barang yang mereka butuhkan. Sehingga tidak perlu berlama-lama di dalam lingkungan penuh sesak," ujar penanggung jawab supermarket Whole Foods Market.

Minimalisir Sebaran Virus Corona, Supermarket Berlakukan Jam Belanja Khusus LansiaFoto: istimewa


Baca juga : Lupa Bawa Kacamata ke Supermarket, Nenek Ini Beli Teh Keliru Kondom


Meskipun harus datang lebih pagi, para manula ini bisa lebih leluasa berkeliling supermarket untuk mendapatkan barang kebutuhan harian. Tak hanya itu, beberapa supermarket juga melakukan promosi layanan antar gratis.

Para manula bisa melakukan pemesanan produk secara online lalu barang belanjaan akan diantarkan ke rumah. Tentu layanan ini berlaku terbatas untuk orang-orang dengan usia di atas 65 tahun.



Simak Video "Cari Bahan Masakan Jepang? Ini Tempatnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)