Masak di Rumah Aja

Resep Ayam Suwir Pedas yang Gurih Menyengat

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 19 Mar 2020 13:00 WIB
Ayam Suwir Pedas Foto: iStock
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja
Jakarta -

Bosan dengan ayam goreng? Kalau ingin olahan ayam yang pedas bisa membuat ayam suwir pedas gaya Bali. Rasa gurih pedasnya bikin selera makan bertambah.

Ayam suwir pedas merupakan sajian ayam khas pulau dewata. Dikenal dengan sebutan Ayam Pelalah. Seperti hidangan Bali lainnya sajian ayam ini memakai bumbu lengkap dengan rasa pedas menyengat.

Daging ayam yang direbus lalu disuwir kasar dan dimasak dengan bumbu ini jadi lauk pelengkap nasi Bali. Belakangan sering dipakai untuk lauk nasi rames. Karena daging ayam tanpa tulang maka lebih praktis saat disantap.

Selain daging ayam rebus juga harus disiapkan 2 jenis bumbu komplet. Untuk langkah-langkah pembuatannya ikuti saja petunjuk berikut ini.

Resep Ayam Suwir Pedas yang Gurih Menyengat Foto: iStock



1. Daging ayam rebus

Bahan utama untuk ayam suwir pedas adalah daging ayam rebus. Sebaiknya gunakan daging dada ayam tanpa kulit dan tulang. Rebus 1 buah dada ayam (sekitar 300 gram) dalam air secukupnya hingga matang. Atau kukus daging dada ayam hingga matang.

Angkat dan dinginkan daging dada ayam. Kemudian potong dada ayam rebus menjadi dua. Suwir dagingnya mengikuti serat dengan tebal sekitar 1/2 cm. Jangan terlalu halus karena nanti akan menjadi seperti abon.



2. Siapkan 2 Jenis Bumbu

Untuk membumbui ayam ini ada 2 jenis bumbu yang harus disiapkan. Untuk menghaluskan bumbu bisa dipakai blender atau food processor jika ingin lebih praktis.

Pertama Bumbu Halus untuk membumbui daging ayam, terdiri dari:

1 lembar daun salam
1 batang serai, ambil bagian yang putih, memarkan
2 lembar daun jeruk, iris halus
Haluskan:
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 buah cabai merah besar
3 buah cabai merah keriting
1 cm kencur
3 butir kemiri
1 cm kunyit
1/2 cm lengkuas
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Kedua untuk Sambalnya, siapkan bahan:

Haluskan:
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 buah cabai merah besar
2 buah cabai merah keriting
1 buah tomat merah, potong-potong
1/2 sdt terasi goreng
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Resep Ayam Suwir Pedas yang Gurih Menyengat Foto: iStock


3. Mengungkep ayam

Taruh bumbu pertama dalam wajan atau panci, jangan lupa tambahkan daun salam, serai dan daun jeruk. Masukkan ayam suwir, beri sedikit air. Masak hingga bumbu meresap ke dalam daging ayam dan agar kering.

Jika suka bisa juga ayam dilumuri Bumbu Pertama lalu dipanggang sebentar dalam oven hingga bumbu meresap ke dalam daging ayam. Angkat ayam dan sisihkan.

4. Mengaduk dengan Sambal

Panaskan 2 sdm minyak sayur dalam wajan. Kemudian tumis bahan Sambal hingga wangi dan matang. Masukkan suwiran ayam berbumbu. Aduk-aduk hingga tercampur rata.

Angkat ayam dan diamkan hingga agak dingin. Saat akan disajikan kucuri ayam dengan air jeruk limau. Sajikan dengan nasi putih atau sebagai pelengkap nasi rames.



Simak Video "Resep Ayam Kodok ala Mypegscorner"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja