Masak di Rumah Aja

Cara Membuat Kering Tempe yang Renyah dan Tahan Lama

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 19 Mar 2020 10:00 WIB
tips bikin kering tempe renyah Foto: iStock
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja
Jakarta -

Membuat makanan kering untuk stok saat harus kerja di rumah bisa hemat waktu. Seperti kering tempe yang renyah dan tahan lama.

Kering tempe merupakan salah satu lauk kering favorit yang disukai anak-anak hingga orang dewasa. Rasanya renyah gurih sekaligus manis karena disalut gula berbumbu. Ada sedikit pedas karena ditambahkan cabai.

Saat harus menjalani WFH (working from home) atau bekerja di rumah, stok makanan kering sangat menolong. Karena lauk kering ini bisa jadi pelengkap saat sarapan atau makan siang. Jadi tak perlu buang waktu banyak buat memasak.

Sering kecewa karena kering tempe melempem meski baru dibuat? Ada beberapa hal yang bisa membuat lauk kering ini lembek dan kurang renyah. Selain kualitas tempe, beberapa hal ini perlu Anda perhatikan saat membuat kering tempe.

Cara Membuat Kering Tempe yang Renyah dan Tahan LamaFoto: iStock



1. Tempe harus kering

Tempe untuk keirng tempe harus dipilih yang padat dan berkualitas bagus. Butiran kedelainya rapat, warnanya kuning cerah, saat ditekan terasa keras padat dan aromanya khas kedelai segar.

Tempe yang kurang padat akan membuat butiran kedelai mudah terurai saat dipotong. Jika digoreng dan diaduk akan hancur. Tidak bisa membentuk irisan yang solid atau kuat.

Potong-potong tempe dengan ukuran yang sama. Ketebalannya sekitar 1/2 cm dan bisa agak lebar atau ukuran 1/2 x 3 cm. Tergantung selera. Setelah diiris kecil dan tipis, ratakan di atas baki atau tampah. Kemudian jemur sebentar atau angin-anginkan hingga agak kering. Goreng irisan tempe ini hingga kering lalu tiriskan.

2. Bahan pelengkap dan bumbu

Bahan pelengkap kering tempe terdiri dari bawang merah dan bawang putih yang diiris tipis. Juga cabai merah besar yang dibuang bijinya dan diiris tipis. Bisa ditambah dengan kacang tanah dan teri tawar.

Bahan-bahan tersebut harus digoreng masing-masing terpisah. Jangan menumis bawang merah dan bawang putih serta cabai saat memasak kering tempe. Karena bahan itu tetap mengandung air dan membuat kering tempe lembek, tidka renyah.

Selain itu siapkan bumbu kering tempe yang terdiri dari gula merah atau dan gula putih serta garam dan bumbu penyedap jika suka. Jumlahnya tergantung dari banyaknya tempe goreng.

Cara Membuat Kering Tempe yang Renyah dan Tahan LamaFoto: iStock



3. Mencampurkan tempe dan bumbu

Setelah bahan kering, berupa tempe goreng, cabai merah goreng, kacang tanah goreng, bawang merah dan bawang putih goreng siap barulah dicampurkan dengan adonan gula.

Panaskan gula putih, gula merah, garam, daun salam, lengkuas dan air dalam wajan hingga mendidih. Biarkan hingga berserabut, berbentuk buih kecil rata di permukaan wajan. Kemudian masukkan semua bahan kering tadi. Aduk cepat hingga seluruhnya terbalut bumbu.

Jika adonan gula belum masak benar, masih mengandung air, bahan kering dimasukkan maka kering tempe akan lembek, berair dan lengket.

Cara Membuat Kering Tempe yang Renyah dan Tahan LamaFoto: detikcom



4. Kemas

Jika sudah tercampur rata, angkat keirng tempe dari api. Diamkan beberapa saat hingga dingin. Kemudian masukkan ke dalam wadah bertutup rapat.

Saat mengambil kering tempe gunakan sendok bersih dan kering agar kering tempe bisa tahan lebih lama. Jika disimpan dalam wadah kedap udara kering tempe bisa tahan beberapa minggu.



Simak Video "Bikin Laper: Autentiknya Mie Sapi Pedas di Wo Ai Mie"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com