Cegah Virus Corona, Begini Cara Tangani Makanan Menurut Ahli!

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 18 Mar 2020 14:00 WIB
Tangani Makanan Foto: iStock
Jakarta -

Agar makanan yang akan dikonsumsi tak terpapar virus corona, Anda perlu memperhatikan cara menanganinya. Berikut ini saran para ahli.

Virus corona masih menyebar makin luas di berbagai negara, termasuk Indonesia. Semenjak COVID-19 masuk ke Indonesia, setidaknya sudah ada 172 pasien positif virus corona dimana 9 orang sembuh dan 7 orang meninggal dunia. Jumlah ini diyakini akan bertambah setiap hari.

Walaupun lockdown belum dilakukan Indonesia, namun Presiden Jokowi telah menganjurkan untuk 'social distancing'. Seperti sekolah diliburkan, menganjurkan untuk kerja dari rumah, belajar di rumah dan menjauhi keramaian selama 14 hari ke depan.

Banyak orang yang menjadi lebih waspada terhadap penularan virus corona. Dengan memasak makanan mereka sendiri di rumah agar kebersihannya tetap terpantau. Dilansir dari North Jersey (13/3), Donald Schaffner selaku Ahli Makanan dan Prof. Emeritus Thomas Montville dari Rutgers University membeberkan cara menangani makanan yang tepat agar terhindar dari virus Corona.

Baca Juga: Cara Mencegah Virus Corona Saat Belanja di Pasar Tradisional

1. Virus Corona Berasal dari Hewan bukan Makanan

Cegah Virus Corona, Begini Cara Tangani Makanan Menurut Ahli!Foto: Istimewa

Banyak orang menanyakan kepada Donald Schaffner tentang penyebaran virus corona lewat makanan. Karena sempat disinggung kalau penyebaran virus corona berasal dari sebuah pasar hewan di China. Termasuk konsumsi hewan liar.

Scaffner pun menjelaskan kalau virus corona (COVID-19) ini dapat ditularkan oleh hewan bukan melalui makanan. Karena virus dapat berpindah di antara spesies dan itulah yang paling mungkin terjadi. Jadi jika Anda menangani makanan yang akan dikonsumsi secara benar maka makanan tersebut aman.

2. Cuci buah dan sayuran

Cegah Virus Corona, Begini Cara Tangani Makanan Menurut Ahli!Foto: iStock

Prof. Emeritus Thomas Montville juga menjelaskan tentang prosedur pencucian makanan yang baik, ini berlaku untuk sayuran dan buah-buahan. Montville mengatakan, "Cuci buah dan sayuran seperti biasanya. Kalau perlu dengan sedikit air sabun yang hangat. Kita harus selalu mencuci buah dan sayuran, ini anjuran yang baik."

Daging yang akan dikonsumsi harus dimasak dengan benar. Karena virus corona tersebut bisa saja hilang setelah makanan dimasak dengan benar. Memasak dengan suhu tinggi akan membunuh virus.

Baca Juga: Besok Mulai Lockdown, Warga Malaysia Sudah Padati Pusat Perbelanjaan

3. Hindari Konsumsi Makanan Mentah

Cegah Virus Corona, Begini Cara Tangani Makanan Menurut Ahli!Foto: iStock

Montville juga menganjurkan untuk menjauhi makanan mentah seperti sushi dan steak tartare saat virus corona masih merebak. Menurutnya selain dapat berpotensi menularkan virus corona, makanan mentah juga dapat mengakibatkan tubuh terkontaminasi dari bakteri patofen seperti e-coli, salmonella, dan listeria.

4. Perhatikan Kebersihan Peralatan Makan

Cegah Virus Corona, Begini Cara Tangani Makanan Menurut Ahli!Foto: iStock

Montville juga menyarankan agar selalu memperhatikan kebersihan peralatan makan yang digunakan. Karena virus dapat bertahan beberapa saat pada peralatan makan.

Diyakini bahwa virus dapat bertahan hidup di atas kertas selama 24 jam, untuk baja atau kayu sekitar mungkin 3 hari. Ia juga menegaskan untuk tetap mencuci tangan sebelum makan, dan masak dengan benar makanan yang dikonsumsi.



Simak Video "Tips Memilih dan Menyimpan Bahan Makanan Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
d'Mentor
×
Trik Dapur Ngebul Hendy Setiono
Trik 'Dapur' Ngebul Hendy Setiono Selengkapnya