Masak Apa Hari Ini : Ayam Kecap dan Sup Kacang Hijau Buat si Kecil

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 18 Mar 2020 10:00 WIB
resep ayam kecap enak Foto: Istimewa
Jakarta -

Saatnya memanjakan anak-anak. Masak makanan yang sedikit beda tapi tetap kaya nutrisi. Sup kacang hijau yang gurih dan ayam kecap yang manis sedap. Nyam!

Hari-hari bekerja di rumah memang sedikit repot karena harus memperhatikan kebutuhan nutrisi anak. Ada banyak bahan bisa disiasati jadi makanan enak buat anak. Dari kacang hijau yang bisa diolah jadi sup yang gurih sedap.

Sementara ayam selalu jadi kesukaan anak. Selain digoreng bisa diolah menjadi ayam kecap. Paduan bumbu bawang dan kecap manis yang meresap bikin rasanya tambah sedap. Bersiap buat nambah nasi lagi.

Bisa jadi lauk atau camilan, martabak dengan isian sosis enak dimakan hangat. Gampang dibikin dan isian yang padat dengan rasa gurih dan rasanya gurih renyah.

Nah, tak perlu cemas, ada berbagai pilihan menu enak buat si kecil. Mau bikin sup kacang hijau atau martabak sosis? Ayo, memasak!

Masak Apa Hari Ini : Ayam Kecap dan Sup Kacang Hijau Buat si KecilFoto: detikcom



1. Sup Kacang Hijau

Kecuali diolah menjadi bubur yang manis, kacang hijau bisa ditambahkan dalam sup. Rasanya jadi gurih dan nutrisinya jadi lengkap. Bisa dipadukan dengan daging sapi dan aneka sayuran.

Rendam kacang hijau dalam air selama 1 jam agar kacang hijau lebih lembut dan cepat lunak. Rebus kacang hijau bersama daging hingga kacang hijau lembut. Gunakan api kecil saat merebus daging dan kacang hijau.

Agar mudah dikunyah oleh anak-anak, potong-potong sayuran dalam ukuran kecil. Tambahkan sayuran lain sesuai selera. Ikuti tahapan membuat sup kacang hijau ini di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Ayam Kecap dan Sup Kacang Hijau Buat si KecilFoto: Ari Saputra/detikcom



2. Ayam Kecap

Olahan ayam selalu menarik selera anak. Selain diungkep dan digoreng ayam bisa dibumbui kecap. Gunakan ayam kampung yang gemuk atau ayam negeri yang muda. Potong ayam menjadi 8-10 bagian..

Sebelum dimasak bersama bumbu, ayam bisa digoreng sebentar hingga sedikit kecokelatan untuk memberi aksen rasa gurih. Setelah dimasak dengan bumbu, tambahkan air secukupnya dan masak dengan api kecil hingga ayam berwarna kecokelatan dan kuahnya susut.

Sebagai isian bisa ditambahkan tahu yang dipotong dan digoreng sebentar, jamur shitake atau kentang. Untuk resep dan tips membuat ayam kecap yang enak bisa dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Ayam Kecap dan Sup Kacang Hijau Buat si KecilFoto: detikfood



3. Martabak Sosis Mini

Martabak ini merupakan versi praktis martabak telur. Dibentuk kecil dan mudah dibuat. Isiannya telur dan sosis dan bisa ditambahkan bahan lain sesuai selera. Misalnya keju parut atau irisan bakso selain sosis.

Pakai kulit lumpia segar atau beku sebagai pembungkusnya. Isi lembaran kulit ini dengan campuran telur dan sosis. Jagan terlalu padat mengisinya agar tidak robek saat digoreng.

Pakai minyak panas dan cukup banyak agar martabak bisa matang bagian dalamnya dan kering bagian luarnya. Tiriskan hingga minyak kering dan sajikan hangat. Untuk cara membuat martabak mini ini bisa dilihat di resep ini.



Simak Video "Lezatnya Olahan Ikan Kapiek Khas Pekanbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)