Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan Buat Sarapan

Odilia WS - detikFood Rabu, 18 Mar 2020 05:30 WIB
cara membuat bubur kacang hijau Foto: iStock
Jakarta -

Bubur kacang hijau bisa jadi sarapan sehat. Bisa dibuat tanpa santan tetapi dengan tambahan jahe agar lebih bernutrisi. Ikuti cara mudah membuatnya.

Kacang hijau atau mung bean merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang bisa jadi sumber protein nabati. Dalam 100 gram kacang hijau terdapat 24 gram protein, 16 gram serat, 7 gram gula, 63 gram karbohidrat dan 347 kalori.

Meski terlihat sederhana, hanya merebus kacang hijau dan air saja. Tetapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar kacang hijau empuk dan lembut saat matang.

Meskipun tanpa tambahan santan, bubur kacang hijau tetap bisa pulen lembut. Beberapa hal ini perlu diperhatikan saat memasak Bubur Kacang Hijau.

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan Buat SarapanFoto: iStock



1. Kacang hijau

Kacang hijau yang dijual di pasaran ada yang berwarna hijau agak kecokelatan dan ada yang hijau gelap dan mengilap. Pilih kacang hijau yang butirannya utuh dan mengilap sebagai tanda kacang hijau tua.

Cuci bersih kacang hijau, rendam air dan angkat biji kacang hijau yang mengapung karena biasanya kacang hijau lapuk atau rusak. Bilas air bersih dan rendam kembali dalam air bersih selama 1 jam. Makin lama direndam akan lebih cepat lunak.

Untuk membuat 4 mangkuk bubur kacang hijau, siapkan 150 gram biji kacang hijau, 100 gram gula pasir dan 50 gram gula merah atau 150 gram gula pasir.



2. Bahan tambahan

Untuk menambah rasa dan aroma bubur kacang hijau, siapkan 1 lembar daun pandan, potong atau ikat daun pandan. Selain itu tambahkan 3 cm jahe putih atau jahe merah, kupas dan memarkan. Cuci bersih daun pandan dan jahe.

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan Buat SarapanFoto: iStock



3. Merebus

Didihkan air dalam panci sedang, tambahkan kacang hijau yang sudah ditiriskan. Tambahkan jahe dan daun pandan. Masak dengan api kecil hingga kacang hijau pecah dan kacang menjadi lembut. Jika perlu tambahkan air panas hingga kacang lunak.

Tambahkan gula pasir dan gula merah, masak hingga gula meresap dan kuahnya agak susut. Matikan api, angkat jahe dan daun pandan. Tuangkan dalam mangkuk-mangkuk saji.



Simak Video "Klepon Ubi Ungu, Pas Dimakan Saat Sarapan!"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)