Dikabarkan 'Lockdown', Malang Punya Bakso Enak yang Legendaris

Sonia Basoni - detikFood Senin, 16 Mar 2020 18:30 WIB
bakso malang populer Foto: Istimewa
Jakarta -

Pemkot Malang umumkan status darurat untuk cegah virus corona. Dikabarkan akan 'lockdown', Malang punya bakso enak dan legendaris sayang untuk dilewatkan.

Untuk mencegah penyebaran virus corona yang semakin bertambah, Pemkot Malang memutuskan untuk mengawasi serta membatasi akses masuk dan keluar di kota Malang. Menurut Sutiaji selaku Wali Kota Malang, ia akan membatasi akses ke kota Malang mulai Rabu besok secara bertahap (17/03).

Isu 'lockdown' atau isolasi di kota Malang ini mendapatkan tanggapan yang beragam dari banyak orang. Meski begitu langkah ini diambil pemkot Malang untuk memudahkan mitigasi dan penyebaran wabah di sana. Tak perlu khawatir karena hingga hari ini kota Malang masih bisa dikunjungi.

Selain menawarkan destinasi wisata alam yang indah, Malang juga punya beragam kuliner enak. Salah satunya bakso Malang legendaris yang cocok untuk hangatkan tubuh di tengah cuaca dingin di sana.

Baca Juga: 'Lockdown', Wali Kota Tutup Akses Keluar-Masuk Malang Mulai Rabu

1. Bakso President

Dikabarkan 'Lockdown', Malang Punya Bakso Enak yang LegendarisFoto: Istimewa

Tak lengap berkunjung atau liburan ke Malang tanpa mampir ke Bakso President. Tempat makan bakso yang satu ini sudah ada sejak tahun 1977 dan dulu dijual menggunakan gerobak dengan cara berkeliling. Baru di tahun 1990, Bakso President pindah ke warung sederhana dekat gedung bioskop President hingga nama in melekat sampai sekarang.

Ciri khas bakso di sini terletak pada pilihannya yan beragam. Ada bakso polos, bakso udang goreng, bakso tulang muda, hingga siomay goreng yang disajikan dengan kuah kaldu hangat dan cita rasa bakso yang kenyal gurih. Tersedia juga bakso bakar yang mantap rasanya.

Bakso President
JL. Batanghari No. 5.
Rampai Celaket, Klojen, Malang.
Telp: 0341-496746

2. Bakso Bakar Bu KAJI

Dikabarkan 'Lockdown', Malang Punya Bakso Enak yang LegendarisFoto: Istimewa

Meski namanya bakso bakar tapi di sini juga menyediakan bakso kuah yang tak kalah enak dari tempat lainnya. Kedai Bakso Bakar Bu KAJI sudah ada sejak tahun 1956 yang awalnya menjual olahan daging sapi segar.

Ciri khas dari bakso sapi yang ada di sini adalah menggunakan daging sapi kering yang baru saja dipotong. Rasa gurihnya juga dari rempah alami karena tidak menggunakan MSG atau bahan pengawet lainnya. Selain bakso kuahnya jangan lupa pesan bakso bakarnya yang kenyal dan juicy ketika digigit.

Bakso Bakar Bu Kaji
JL. Cokroaminoto No. 2.
Klojen, Malang.
Telp: 085100694744

3. Bakso Pak Dukut

Dikabarkan 'Lockdown', Malang Punya Bakso Enak yang LegendarisFoto: Istimewa

Mau menyantap bakso autentik khas Malang? Langsungs aja mampir ke Depot Bakso Pak Dukut di wilayah Klojen. Bakso racikan Pak Dukut sering disebut sebagai salah satu jajanan bakso paling enak di kota Malang dengan pilihan bakso yang beragam.

Berjualan sejak tahun 1973, Pak Dukut tak pernah kehilangan pelanggan setia. Menu yang disajikan cukup sederhana yaitu pilihan bakso polos, bakso urat, siomay dan bakso tahu. Ditambah dengan siraman kuah kaldu yang mengepul panas lengkap dengan pangsit goreng yang aduhai.

Bakso Pak Dukut
JL. Suropati No. 34.
Klojen, Malang.
Telp: 0341-321097

4. Bakso Tengkeng Mas Bambang

Dikabarkan 'Lockdown', Malang Punya Bakso Enak yang LegendarisFoto: Istimewa

Penggemar tengkleng dan bakso wajib mampir ke Bakso Tengkleng Mas Bambang di Malang. Sudah berjualan sejak dulu dan kini memiliki banyak cabang di kota-kota besar seperti Bandung hingga Cirebon.

Ciri khas baksonya punya rasa daging sapi yang sangat terasa. Karena menggunakan 97% daging sapi dan 3% tepung. Selain itu tambahan tengkleng atau irisan daging sapi dengan selaput daging di sana membuat rasa bakso ini semakin nendang dan lezat. Meski punya banyak cabang tapi rasa bakso tengkleng yang ada di Malang tetap tak ada duanya.

Bakso Tengkleng Mas Bambang
JL. Sigura-gura No 46.
Sumbersari, Lowokwaru, Malang.
Telp: 0341-569515

5. Bakso Bakar Trowulan

Dikabarkan 'Lockdown', Malang Punya Bakso Enak yang LegendarisFoto: dok. detikFood

Bakso bakar merupakan salah satu kuliner populer di kota Malang yang sayang untuk dilewatkan. Jika sedang ngidam bakso bakar yang enak dengan kuah kaldu gurih bisa berkunjung ke Bakso Bakar Trowulan yang populer.

Pilihan bakso bakarnya terbagi menjadi dua, ada bakso bakar halus dan ada juga yang kasar sesuai selera. Tingkat kepedasannya juga bisa dipilih dari yang sedang sampai ekstra pedas. Bagi yang tak suka bakso bakar di sini juga menyediakan bakso kuah yang tak kalah enak.

Bakso Bakar Trowulan
JL. Candi Trowulan No. 65, Malang.
Telp: 081232396035

Baca Juga: Bakso Bakar Trowulan: Pedas Gurih Mantap! Bakso Bakar yang Hits di Malang



Simak Video "Sate Gebuk Khas Malang yang Nikmat dan Tidak Alot"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)