5 Tips Masak Teppanyaki di Rumah yang Tak Kalah Enak dari Restoran

Sonia Basoni - detikFood Senin, 16 Mar 2020 10:30 WIB
teppanyaki Foto: iStock
Jakarta -

Teppanyaki merupakan cara masak Jepang yang mudah. Tak Harus ke restoran, teppanyaki juga bisa dibuat di rumah dengan alat-alat sederhana.

Bagi penggemar makanan khas Jepang, teppanyaki bisa dibuat di rumah dengan peralatan sederhana. Tak perlu teppanyaki grill, menggunakan wajan antilengket yang memiliki permukaan datar.

Selain bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah untuk didapat. Seperti aneka sayuran, soy sauce, hingga pilihan daging sapi atau ayam siap olah. Semuanya bisa didapat di pasar swalayan dekat rumah.

Berikut lima tips untuk memasak teppanyaki di rumah.

1. Siapkan Wajan

5 Tips Masak Teppanyaki di Rumah yang Tak Kalah Enak dari RestoranFoto: iStock

Teppanyaki merupakan cara memasak khas Jepang yang menggunakan wajan besi yang panas. Bagi yang mau coba masak di rumah bisa menggunakan wajan anti lengket yang datar.

Wajan yang punya permukaan datar, bisa menghantarkan panas dari api kompor dengan sempurna. Selain itu lapisan antilengket ini juga tak bikin makanan atau daging menjadi lengket. Kisaran harga iron skillet sendiri berkisar Rp 150.000 sesuai ukuran yang dibutuhkan.

2. Siapkan Bumbu

5 Tips Masak Teppanyaki di Rumah yang Tak Kalah Enak dari RestoranFoto: iStock

Untuk membuat teppanyaki siapkan bumbu. Bumbunya sederhana terdiri dari shoyu (kecap Jepang), lada bubuk, bawang putih cincang halus, garam dan minyak sayur.

Sedangkan untuk saus pencelup bisa disiapkan says favorit seperti saus cabe bawang atau saus cabe manis. Atau racik saus wijen dari biji wijen yang digerus halus, shoyu, bawang putih parut dan cuka putih atau air jeruk lemon. Aduk semuanya jadi satu

3. Jenis Daging dan Sayuran

5 Tips Masak Teppanyaki di Rumah yang Tak Kalah Enak dari RestoranFoto: iStock

Jika ingin praktis irisan tipis daging sapi sirloin bisa dibeli di pasar swalayan. Jika akan mengiris sendiri, siapkan daging has dalam, simpan 1 jam dalam freezer hingga agak keras. Selanjutnya iris tipis melintang serat dengan pisau tajam.

Kecuali daging sapi bisa dipakai fillet daging ayam, fillet ikan, udang kupas dan juga tofu. Siapkan bahan-bahan segar ini dalam piring lebar.

Selain itu bisa disiapkan sayuran. Berupa jamur shitake, jamur shimeji, bokchoy, sawi putih, tauge, wortel dan sayuran lain sesuai selera. Iris semua sayuran dengan ukuran sama.

4. Memasak Daging

5 Tips Masak Teppanyaki di Rumah yang Tak Kalah Enak dari RestoranFoto: iStock

Panaskan wajan di atas kompor portable. Sebaiknya gunakan kompor ini dan taruh di tengah meja makan. Tuangi sedikit minyak lalu tumis sedikit bawang putih hingga wangi.

Selanjutnya masukkan irisan daging dan masak hingga kedua sisinya kecokelatan. Lalu kucuri sedikit shoyu dan aduk hingga mendidih dan angkat. Tiap anggota keluarga bisa bergantian memasak daging yang diinginkan.

Daging bisa dicelup dengan saus favorit dan dinikmati dengan nasi hangat. Sebaiknya segera santap saat daging masih hangat agar terasa lebih juicy gurih.

Yuk intip resep lengkapnya di sini.

5. Membuat Teppanyaki Sayuran

5 Tips Masak Teppanyaki di Rumah yang Tak Kalah Enak dari RestoranFoto: Istimewa

Selain steak bisa juga buat teppanyaki versi vegetarian. Kalau suka sayuran panggang dengan aroma harum, bisa membuat sayuran ala teppanyaki di rumah. Pilihan sayur yang beragam bisa dipilih sesuai selera tapi ada beberapa jenis sayuran yang paling populer diolah menjadi teppanyaki.

Seperti irisan zucchini dengan bawang bombay atau bisa juga tambahkan jamur, wortel, kol putih, paprika, hingga bawang putih untuk menambah rasa. Penggunaan tumisannya bisa menggunakan shoyu, minyak wijen, dan tambahan garam yang bisa dimasukkan ke wajan dan ditumis selama 5 menit.

Baca Juga: Teppanyaki di Meja Sendiri



Simak Video "Lucunya Karei Khas Jepang Bermacam Karakter "
[Gambas:Video 20detik]
(sob/sob)