Hindari Berbagi Makanan Agar Tidak Tertular Virus Corona

Riska Fitria - detikFood Kamis, 12 Mar 2020 14:30 WIB
Happy people sharing their healthy lunch Jangan berbagi makanan agar tidak tertular virus corona Foto: iStock
Jakarta -

Supaya tak tertular virus corona, berhati-hatilah dalam segala hal. Termasuk saat makan di restoran. Sebaiknya tidak berbagi makanan dengan orang lain.

Kekhawatiran masyarakat soal penyebaran virus corona semakin menjadi-jadi. Karenanya banyak dari ahli kesehatan yang menganjurkan untuk menjaga kebersihan dan menghindari kontak langsung dengan orang lain.

Pasalnya kontak langsung dapat membuat virus corona mudah menyebar dari satu orang ke orang lainnya. Dengan adanya hal itu, tentu kamu merasa khawatir saat berencana makan di restoran bersama-sama.

Hindari Berbagi Makanan Agar Tidak Tertular Virus CoronaFoto: iStock

Apalagi biasanya saat makan bersama di restoran, seringkali berbagi makanan mulai dari makanan pembuka, makanan utama, makanan pelengkap hingga makanan penutup. Ahli kesehatan menyebutkan bahwa hati-hati saat berbagi makanan di restoran.

Namun, kini banyak dari kafe atau restoran yang melakukan beberapa tindakan untuk mencegah penyebaran virus corona. Seperti yang dilakukan oleh Starbucks yang mulai berhenti menggunakan cangkir yang dapat digunakan kembali.

Sementara pada restoran di California berupaya dengan memeriksa suhu pelanggan sebelum mengizinkan mereka untuk makan di dalam restoran mereka, seperti yang dilansir dari NBC (10/03). Meskipun begitu ahli kesehatan tetap menyarankan untuk berhati-hati dalam berbagi makanan di restoran.

Baca Juga : Imbas Virus Corona, Bawang Putih Diburu dan Harganya Melonjak

"Virus corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan, dan kami tahu bahwa orang yang memiliki gejala itu pasti dapat menularkan infeksi ke kontak dekat," ujar Dr. Isaac Bogoch, Spesialis Penyakit Menular dari University of Toronto dan University Health Network.

Hindari Berbagi Makanan Agar Tidak Tertular Virus CoronaFoto: iStock

Lebih lanjut, Dr. Isaac juga mengatakan bahwa jika orang berbagi makanan, virus dapat mencemari makanan yang mereka makan atau bisa juga pada alat makan seperti garpu, pisau yang mereka gunakan.

Dengan begitu virus corona akan menginfeksi paru-paru, tenggorokan dan hidung. Menurut Walton, Profesor dan Direktur Sekolah Perawatan Dahne Cockwell di Ryerson University, virus corona dapat menyebar dengan dua cara. Yaitu melalui transmisi tetesan dari seseorang yang terinfeksi dan juga melalui kontak permukaan.

"Ketika seseorang yang terinfeksi virus corona bersin atau batuk, tetesannya bisa jatuh ke permukaan sekitarnya. Ketika kamu berbagi makanan di sebuah restoran, tetesan-tetesan tersebut bisa menempel pada makanan, piring, alat makan atau meja. Jika kamu menyentuh permukaan itu, kemudian kamu menyentuh mulut, hidung dan mata, kamu bisa tertular virus corona," ujar Walton, seperti yang dikutip dari Global News (10/03).

Hindari Berbagi Makanan Agar Tidak Tertular Virus CoronaFoto: iStock

Meskipun ada peringatan untuk tidak berbagi makanan di restoran, bukan berati kamu tidak bisa makan di restoran. Menurut Dr. Isaac ada tips tertentu untuk menghindari virus corona saat makan di restoran.

"Orang-orang harus sangat berhati-hati tentang kebersihan tangan. Saya pikir sekarang juga lebih untuk memiliki lebih banyak tanggung jawab sosial. Jika orang merasa tidak sehat, jangan pergi keluar," ujar Dr. Isaac.

Baca Juga : Virus Corona Bisa Menular Lewat Alat Makan? Ini Penjelasannya



Simak Video " Ingat! Jangan Asal Konsumsi Frozen Food"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)