Cara Membuat Sirop Jahe untuk Minuman Jahe Enak

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 12 Mar 2020 10:00 WIB
cara membuat sirop jahe Foto: iStock
Jakarta -

Wabah virus corona membuat konsumsi rempah terutama jahe meningkat. Ini karena jahe dipercaya mampu menambah daya tahan tubuh.

Secara alami jahe bernama latin Zingiber Officinale ini mengandung banyak nutrisi. Mangandung serat, karbohidrat, fosfor hingga vitamin. Selain itu, jahe juga mengandung enzim proteolitik, zingibain, minyak atsiri, oleorosin, gingerol dan senyawa fenolik.

Selain memberi rasa hangat, jahe juga bisa melancarkan peredaran darah, anti inflamasi dan melancarkan pencernaan. Tetapi yang paling utama jahe mengandung antioksidan juga bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk membuat wedang jahe dan minuman jahe atau rempah lainnya lebih mudah dan praktis memakai sirop jahe. Cara membuat sirop jahe juga cukup mudah. Ikuti saja 3 langkah praktis ini.

Cara Membuat Sirop Jahe untuk Minuman Jahe EnakFoto: iStock



1. Jahe yang Tua

Pilih umbi jahe yang besar dan tua. Ciinya warnanya kuning agak gelap dan jika dipotong berserat kasar. Jahe yang tua rasanya lebih pedas atau panas dan mengandung air jahe yang pekat.

Untuk membuat sirop jahe bisa dipakai jahe putih dan jahe merah dengan perbandingan 1 ; 1 atau seperempat bagian diganti jahe merah karena rasa jahe merah lebih panas atau pedas.

Siapkan 150 gram jahe putih besar dan 100 g jahe merah. Keruk kulit arinya dengan pisau hingga bersih. Lalu cuci hingga kedua jahe ini benar-benar bersih dan tiriskan.

Cara Membuat Sirop Jahe untuk Minuman Jahe EnakFoto: iStock



2. Parut jahe

Agar efek pedasnya lebih tebal atau kuat, sebaiknya parut jahe dengan parutan manual. Parut jahe dengan parutan bawang atau kelapa hingga berserabut kasar. Tampung jahe parut ini.

Saat mengumpulkan hasil parutan jahe jangan lupa tampang juga airnya. Beberapa orang membuat sirop jahe dengan jahe memar atau jahe iris. Hanya saja cara ini tidak menghasilkan sirop jahe yang pedas nyengatnya.

Cara Membuat Sirop Jahe untuk Minuman Jahe EnakFoto: iStock



3. Rebus jahe dan air

Taruh jahe parut dalam panci, tambahkan 200 g gula pasir dan 250 ml air. Masak dengan api kecil hingga mendidih halus selama beberapa saat agar rasa dan aroma jahe terasa kuat.

Jika suka bisa ditambahkan 1-2 batang serai, potong lalu memarkan. Masak bersama jahe parut dengan api kecil hingga seluruh gula larut dan sirop mendidih kecil. Biarkan beberapa saat agar jahe larut dalam larutan jahe.

Angkat sirop jahe dan dinginkan. Sirop ini agak kental tetapi jika suka yang ringan bisa ditambahkan jumlah airnya. Saring sirop jahe jika ingin rasa lebih pedas ringan. Sebaliknya biarkan jahe parut dalam sirop untuk dapatkan rasa lebih pekat dan pedas.

Simpan jahe dalam wadah bertutup rapat. Saat akan dipakai, tambahkan ke dalam air teh atau air kopi dengan tingkat manis dan kepedasan sesuai selera.



Simak Video "Hangatnya Wedang Tahok Khas Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)