Uenak Poll! Lontong Kupang Pak Wito yang Sedap dan Bikin Nagih

Esti Widiyana - detikFood Rabu, 11 Mar 2020 13:15 WIB
lontong kupang pak wito surabaya Foto: Esti Widiyana/detikcom
Jakarta -

Selain lontong balap dan rujak cingur, lontong kupang merupakan jajanan ikonik Surabaya yang wajib dicicipi. Salah satunya bikinan Pak Wito ini.

Lontong kupang merupakan jajanan yang memakai potongan lontong dan kupang atau remis atau kerang putih kecil yang rasanya gurih enak. Ada banyak penjaja lontong kupang di Surabaya. Salah satunya yang jadi favorit adalah lontong kupang Pak Wito. Lontong kupang Pak Wito berlokasi di Jalan Kalasan No. 30, Pacar Keling, Tambaksari.

Pak Wito sudah berjualan sejak 30 tahun dan punya ciri khas dalam meracik lontong kupang yang jadi menu andalannya. Racikan kuah dan lento yang berbeda membuat rasa lontong kupangnya lebih gurih legit dan lezat.

"Penjual lain kupang sama kuah dicampur, di sini di pisah. Lentonya dari tepung singkong bukan parutan singkong," kata anaka Pak Wito, Khasan Shodiq (26) kepada detikcom, Minggu (8/3/2020).

Uenak Poll! Lontong Kupang Pak Wito yang Sedap dan Bikin NagihDi warung Pak Wito selain lontong kupang ada lontong balap dan sate kerang. Foto: Esti Widiyana/detikcom


Selain itu, kuah yang disiram pun tak memakai gula pasir biasa. Melainkan gula merah yang dicampur garam. Lontong kupang ini juga memakai petis udang.

Untuk proses pembuatan, kupang yang masih mentah direbus terlebih dahulu dicampur bawang putih. Setelah kupang matang, kuah atau air perebusnya dipisah dan diolah jadi kuahnya. Sementara kupang dikukus dalam panci.

Untuk penyajiannya, cabe rawit merah digerus langsung di atas piring bersama bawang putih. Lalu ditambahkan petis dan semuanya diulek jadi satu di dalam piring.

Uenak Poll! Lontong Kupang Pak Wito yang Sedap dan Bikin NagihSetelah diberi potongan lontong dan lento baru ditambahan tauge rebus. Foto: Esti Widiyana/detikcom


Selanjutnya lento atau perkedel singkong, tahu dan lontong dipotong kecil-kecil di taruh di atas bumbu petis. Ditambahkan tauge rebus lalu ditaruh kupang matang di atasnya. Terakhir disiram kuah kupang yang sedikit kecokelatan.

"Kalau sudah, tinggal dikasih bawang goreng di atasnya biar lebih gurih," ujarnya.

Saat akhir pekan seperti ini, banyak pembeli baik dari Surabaya maupun luar kota yang berdatangan. Bahkan, di setiap bulannya selalu mendapat pesanan untuk dikirim hingga ke luar pulau.

Uenak Poll! Lontong Kupang Pak Wito yang Sedap dan Bikin NagihFoto: Esti Widiyana/detikcom


"Kadang ada yang minta dibungkus dibawa ke Jakarta, Bali sampai Kalimantan. Kupang sama kuah dibekukan, kalau sudah sampai dipanasin. Tiap bulan pasti ada pesenan," jelasnya.

Tak hanya lontong kupang, pun ada lontong balap dan sate kerang. Harga yang dipatok pun cukup terjangkau. Yakni Rp 12.000 untuk lontong kupang dan lontong balap, campur Rp 15.000 dan sate kerang Rp 12.000 isi 10 tusuk. Ayo, mampir rek!



Simak Video "Murah! Santap Kenyang Lontong Kupang Pak Wito"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)