Mencicip Kopi Klotok Khas Yogyakarta yang Istimewa

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 11 Mar 2020 07:30 WIB
Warung kopi klotok Kopi klotok. Foto: detikFood
Jakarta -

Bagi pecinta kopi, tak ada salahnya untuk menikmati kopi klotok saat sedang berkunjung ke Yogyakarta. Aromanya nikmat dengan sensasi rasa pahit dan manis yang bersatu menjadi satu kesatuan.

Sebenarnya Kopi Klotok adalah salah satu sajian kopi tradisional dengan metode penyajian yang mirip seperti kopi Turki. Kopi Klotok dibuat dengan cara merebus air bersama dengan bubuk kopi dan dimasak di atas panci dengan tungku arang.

Diseduh dengan cara tradisional. Cara membuat kopi klotok adalah dengan memasak bubuk kopi dalam panci panas kemudian baru disiram air sampai mendidih sehingga menghasilkan bunyi "klotok-klotok". Dari sini lahirlah nama kopi klotok.

Kopi klotok.Kopi klotok. Foto: Getty Images/agrobacter

Kopi yang digunakan bisa jenis kopi Arabika atau Robusta. Kopi klotok yang memiliki rasa pahit dengan sentuhan manis jika ditambahkan dengan gula. Kopi klotok sangat enak dinikmati bersama dengan pisang goreng hangat.

Sedang berlibur ke Jogja jangan lupa mampir ke Kopi Klotok Yogyakarta. Rumah makan ini berlokasi di Jalan Kaliurang KM 16, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Warung Kopi Klotok memiliki bangunan bergaya Joglo khas Jawa yang dikelilingi areal persawahan.

Warung Kopi Klotok.Warung Kopi Klotok. Foto: detikFood

Di Warung Kopi Klotok, kopi asal Lampung dimasak dalam teko besi tanpa air. Setelah beraroma gosong, barulah kopi dituang dengan air yang sudah mendidih dan ditambah dengan gula. Kopinya disajikan dalam gelas belimbing yang menambah kesan jadul.

Selain kopi klotok, tempat ini juga menyajikan beragam hidangan rumahan khas Jawa dengan aneka lauk yang bisa diambil secara prasmanan. Tertarik mencoba? Kopi Klotok Jogja juga memiliki suasana pedesaan yang kental dengan dikelilingi persawahan hijau indah.



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)