Sate Nusantara Enak

Nyuus! Empuk Lembut Sate Daging Kambing Muda Barongan

Esti Widiyana - detikFood Selasa, 10 Mar 2020 07:30 WIB
Sate Barongan Foto: Esti Widiyana/dok. detikcom
FOKUS BERITA Sate Nusantara Enak
Jakarta -

Selain rawon dan bebek goreng, Surabaya juga punya sate enak. Salah satu yang legendaris adalah Sate Barongan. Apa istimewanya sate ini?

Salah satu makanan legendaris favorit di Surabaya bagian Timur, ialah Sate Barongan Pak Unieq. Sate Barongan ini terkenal akan daging kambingnya yang empuk dan lembut saat digigit. Tidak berbau prengus seperti lazimnya sate kambing.

"Yang membuat beda dari sate lainnya, kambingnya muda dan empuk. Pastinya ndak pakai lemak," kata pemilik Sate Barongan Husni Anwar (59) kepada detikcom, Minggu (7/3/2020).

Nyuus! Empuk Lembut Sate Daging Kambing Muda BaronganFoto: Esti Widiyana/dok. detikcom


Sate Barongan yang terletak di Jalan Raya Wonocolo 85 Sepanjang, ini memiliki rahasia kelezatan, bukan dari bumbu tapi sejak memotong kambingnya. Ketika memotong kambing tangan harus bersih dari bulu kambing yang baunya paling menyengat.


Setelah itu, kambing muda yang dipilih pun berusia empat sampai lima bulan. Pastinya, kambing pada usia ini tidak banyak mengandung lemak.

"Daging jangan disimpan terlalu lama dalam lemari pendingin. Lebih baik pakai daging yang masih fresh habis dipotong," ujarnya.

Kemudian, bumbu kacang yang menjadi pelengkap sate memakai kacang tanah goreng pilihan yang digiling bersama bawang puting goreng, sedikit cabai, gula dan garam. Lalu bumbu kacang halus ini dimasak di atas api kecil hingga matang dan berminyak.

Nyuus! Empuk Lembut Sate Daging Kambing Muda BaronganFoto: Esti Widiyana/dok. detikcom


"Jangan lupa dikasih pakai kecap manis berkualitas, sambal rebus dan irisan bawang merah," katanya.

Tak hanya sate kambing yang terkenal empuk dan lembut, ada beberapa menu lainnya. Sekaligus dengan harga berbeda dan sesuai dengan hidangan yang disuguhkan.

Harga sate kambing sendiri Rp 50.000, sate ayam Rp 35.000, sate daging sapi dan sate kelapa daging sapi Rp 40.000 dan gule Rp 25.000 saja.

Kuliner yang banyak dicari saat malam hari ini juga menjadi destinasi para artis hingga pejabat tanah air. Seperti almarhum Bondan Winarno, Ikke Nurjanah, sampai beberapa foto pejabat, termasuk Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf dan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yang terpajang di bingkai foto dalam warung.

Nyuus! Empuk Lembut Sate Daging Kambing Muda BaronganFoto: Esti Widiyana/dok. detikcom


Selain itu, nama tempat sate ini pun terbilang unik. Sebab menambahkan Barongan sebagai brand rumah makan.

"Di sini itu dulunya barongan, banyak pring (bambu). Mangkanya spontan dan tercetus nama barongan," ujarnya.

Sate Barongan sudah berdiri sejak 1998, namun mengalami lika-liku dalam usahanya. Namun Husni beserta istri mampu melawan itu terus berjuang hingga melegenda seperti saat ini. Warung dua lantai ini buka selama 24 jam. Di warung sate Barongan ini pembeli dapat mengambil nasi sepuasnya hanya dengan satu kali bayar juga tersedia kerupuk ikan.



Simak Video "Gatot, Jajanan Tradisional khas Blitar yang Ludes dalam 2 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Sate Nusantara Enak