Rekomendasi Makan Siang

Tambah Semangat Makan Ayam Taliwang yang Pedas Segar di Sini

Devi Setya - detikFood Senin, 09 Mar 2020 12:05 WIB
ayam taliwang Foto: Istimewa
Jakarta -

Suguhan ayam taliwang yang dibakar dengan banyak bumbu siap menjadi menu makan siang mantap. Apalagi rasa pedasnya bikin mata kembali melek dan penuh semangat.

Ayam Taliwang merupakan ayam bakar khas Lombok yang populer juga di Jakarta. Biasanya tersedia versi dibakar dan digoreng. Ayam disajikan dengan sambal dan makin enak dimakan dengan pelecing kangkung atau beberuk terong. Badan pun jadi segar berkeringat karena sengatan pedasnya.

Berikut 5 tempat makan yang punya menu ayam taliwang dengan rasa autentik.


1. Ayam Taliwang Lima Rasa

Pedas Berbumbu Rempah, Ayam Taliwang Khas Lombok Bisa Dinikmati di SiniFoto: Istimewa


Salah satu ciri khas sajian ayam taliwang adalah penggunaan bumbu yang bercita rasa pedas gurih. Nah kalau di tempat makan Ayam Taliwang Lima Rasa, Anda bisa memilih tingkat kepedasan sesuai selera.

Ada lima pilihan rasa ayam taliwang di sini yakni manis gurih, pedas biasa, pedas manis, pedas dan super pedas. Kalau suka pedas pastikan memilih yang super pedas. Daging ayam kampung yang digunakan untuk mengolah ayam taliwang juga membuat rasanya lebih gurih.

Ayam Taliwang Lima Rasa
Jl. Prof DR. Satrio No. 18, Karet Kuningan
Setiabudi, Jakarta Selatan

2. Ayam Taliwang Rinjani
Kalau Anda berada di bilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, jangan lupa mampir ke tempat makan Ayam Taliwang Rinjani. Bumbu pada ayam taliwang yang disajikan di sini berlimpah dan punya rasa pedas yang nendang.

Kabarnya, rasa ayam taliwang di sini termassuk yang terpedas. Seporsi ayam taliwang juga dilengkapi dengan plecing kangkung yang disajikan dengan sambal khas Lombok. Makan ayam taliwang hangat-hangat, dijamin jadi lupa diet.

Ayam Taliwang Rinjani
Jl. Pesanggrahan No. 50, Meruya Utara
Kebon Jeruk
Jakarta Barat

3. Bale Lombok

Pedas Berbumbu Rempah, Ayam Taliwang Khas Lombok Bisa Dinikmati di SiniIlustrasi ayam taliwang. Foto: Detikfood


Di sini bisa makan ayan taliwang dengan nyaman. Area restoran yang bersih dan luas siap memanjakan lidah saat jam makan siang. Ayam kampung yang masih muda, diolah dengan bumbu taliwang khas yang rasanya pedas gurih.

Keunikan ayam taliwang di Bale Lombok terlihat pada irisan bawang merah yang ditaburkan di atas ayam taliwang. Selain ayam taliwang, ada juga plecing kangkung, nasi campur Bali, ayam betutu dan aneka menu khas Indonesia lainnya.

Bale Lombok
Jl. Tanah Abang II No. 103, Cideng
Gambir, Jakarta Pusat.

4. Ayam Taliwang Bersaudara
Restoran ayam taliwang legendaris di Jakarta ada di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Pemiliknya yang asli berdarah Lombok menghadirkan ayam taliwang autentik agar bisa dinikmati masyarakat Jakarta.

Di restoran yang usianya sudah lebih dari 30 tahun ini, ada menu ayam taliwang yang harum dan menggugah selera. Jangan tertipu dengan warna oranye dari bumbu ayam taliwang ini karena rasanya pedas dan bikin keringat bercucuran. Jangan lewatkan juga plecing kangkung yang siap jadi pelengkap.

Ayam Taliwang Bersaudara
Jl. Tebet Raya No. 10A,
Tebet Barat, Jakarta Selatan

5. Ayam Taliwang Senggigi Lombok

Pedas Berbumbu Rempah, Ayam Taliwang Khas Lombok Bisa Dinikmati di SiniIlustrasi ayam taliwang Foto: Istimewa


Ayam taliwang sedap dengan bumbu berlimpah juga bisa dinikmati di rumah makan Ayam Taliwang Senggigi Lombok. Ayam kampung muda yang digunakan memang memiliki ukuran sedang. Teksturnya kenyal adat dengan rasa daging yang gurih.

Selain ayam taliwang, Anda akan disuguhi juga dengan plecing kangkung yang dilengkapi sambal tomat segar. Kalau punya porsi makan yang besar, seekor ayam taliwang pasti akan ludes disantap sendirian.

Ayam Taliwang Senggigi Lombok
Jl. Iskandarsyah 2, Pasaraya Grande
Melawai, Jakarta Selatan.



Simak Video "Bikin Laper: Pedas Gurih Ikan Alu-alu Bakar Cabe Ijo"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)