5 Hal Menyebalkan yang Sering Dilakukan Orang Saat Belanja di Supermarket

Devi Setya - detikFood Minggu, 08 Mar 2020 10:00 WIB
belanja di supermarket Foto: iStock
Jakarta -

Berbelanja memang jadi kegiatan menyenangkan tapi kadang kala bertemu dengan orang menyebalkan. Ada banyak hal menyebalkan yang sering dilakukan konsumen.

Sangat penting menjaga sopan santun dimanapun berada. Termasuk ketika ada di tempat fasilitas umum seperti supermarket. Jangan berlaku konyol sehingga membuat pengunjung lain merasa tak nyaman.

Dilansir dari Today (7/3) berikut beberapa hal menyebalkan yang tanpa sadar kerap dilakukan saat belanja di supermarket.

1. Membuka makanan sebelum dibayar

5 Hal Menyebalkan yang Sering Dilakukan Orang Saat Belanja di Supermarket Foto: iStock


Membuka kemasan makanan sebelum dibayar adalah hal yang melanggar dan sangat dilarang. Tapi kenyataannya banyak pengunjung supermarket yang membuka kemasan makanan kemudian menyantapnya sambil berbelanja. Hal seperti ini sama saja seperti mencuri.

Dari survei yang dilakukan lewat twitter, 46 persen responden mengatakan hal ini termasuk tidak sopan. Sebaiknya menahan nafsu untuk makan sampai makanan kemasan yang Anda beli sudah selesai dibayar.

Baca juga : Demi Bisa Viral, Orang-orang Ini Nekat Rusak Makanan di Supermarket


2. Menaruh troli belanja di tengah jalan

5 Hal Menyebalkan yang Sering Dilakukan Orang Saat Belanja di Supermarket Foto: iStock


Memang tak ada salahnya melihat dengan cermat barang belanjaan yang akan dibeli. Tapi perhatikan juga dimana Anda menaruh troli belanja. Jika ditaruh sembarangan di tengah lorong maka akan mengganggu pengunjung lain.

Taruh troli belanja di dekat Anda atau taruh di pinggir area jalan yang areanya luas. Menghalangi jalan pengunjung di supermarket merupakan hal paling menyebalkan bagi pengunjung lain.

3. Membiarkan anak berlarian di supermarket
Tak ada salahnya mengajak anak berbelanja ke supermarket. Anak-anak juga pasti senang diajak berbelanja. Tapi usahakan untuk tetap menjaga anak Anda dan jangan dibiarkan lolos dari pengawasan.

Secara naluri, anak-anak akan senang berlarian ketika melihat tempat yang luas. Tapi kadang saking asyiknya bermain, anak-anak justru mengganggu pengunjung lain. Bisa dengan suara teriakannya atau saat mereka berlarian dan tak sengaja menabrak troli belanja pengunjung.

4. Mencoba makanan sampel dengan tidak sopan

5 Hal Menyebalkan yang Sering Dilakukan Orang Saat Belanja di Supermarket Foto: iStock


Makanan sample atau contoh memang disediakan pihak supermarket untuk dicicipi. Tapi tentu saja ada etika yang harus diterapkan. Makanan ini hanya untuk dicoba, bukan jadi makanan yang disediakan untuk mengenyangkan perut Anda.

Cicip secukupnya lalu buang alat makan yang sudah Anda gunakan. Hindari mengambil makanan sampel berulang kali dengan alat makan yang sama. Hal ini tentu terlihat menjijikan sekaligus bisa menjadi media penyebaran bakteri.

5. Mengantre di jalur yang salah

5 Hal Menyebalkan yang Sering Dilakukan Orang Saat Belanja di Supermarket Foto: iStock


Antre di kasir menjadi hal yang cukup membosankan dan menyita waktu. Tapi cobalah bersabar dan tidak melakukan hal menyebalkan. Salah satunya adalah ketika pergi ke jalur kasir ekspress padahal barang belanjaan yang dibeli cukup banyak.

Setiap supermarket memang menyediakan jalur cepat untuk pengunjung yang hanya membeli sedikit barang. Jalur ini disediakan agar pembeli tidak perlu antre lama jika hanya membeli satu atau dua barang saja.

Baca juga : Perilaku Tak Sopan di Restoran hingga Supermarket Ini Bikin Orang Jengkel



Simak Video "Cari Bahan Masakan Jepang? Ini Tempatnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)