Viral Ranu Manduro, Mojokerto Punya Tempat Kuliner yang Legendaris

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 07 Mar 2020 12:00 WIB
tempat kuliner di mojorkerto Tempat kuliner di Mojokerto Foto: detikfood
Jakarta -

Mojokerto banyak didatangi wisatawan setelah viral pemandangan alam di Ranu Manduro. Selain itu, Mojokerto memiliki tempat kuliner yang wajib dikunjungi.

Di media sosial, viral sebuah video yang memperlihatkan pemandangan alam yang indah di Ranu Manduro. Padahal sebenarnya tempat tersebut bukan tempat wisata, melainkan lahan pertambangan milik sebuah perusahaan.

Namun, karena pemandangannya yang indah, lokasi itu menarik perhatian banyak orang untuk dikunjungi. Tak hanya itu, Mojokerto juga memiliki berbagai tempat kuliner yang khas. Apalagi tempat kuliner Mojokerto tersebut terkenal legendaris sejak puluhan tahun lalu.

Mulai menu bubur sruntul hingga nasi pecel, berikut tempat kuliner Mojokerto yang wajib dikunjungi.

1. Bubur Sruntul Bu Saudah

Viral Ranu Manuduro, Mojokerto Punya Tempat Kuliner yang LegendarisTempat kuliner di Mojokerto Foto : Instagram @mydailyfoodjournal_

Terkenal legendaris, tempat kuliner Mojokerto bernama Bubur Sruntul Bu Saudah dikenal sebagai destinasi wisata kuliner yang wajib disinggahi. Tempat kuliner yang satu ini sudah berdiri kurang-lebih 30 tahun.

Bubur sruntul merupakan sejenis bubur candil. Bahannya terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan kuah santan. Buburnya bertekstur kenyal. Sementara rasanya manis legit dan berpadu gurih dari campuran santannya.

Bubur Sruntul Bu Saudah
Jl. Mayjen Sungrono
Wates, Mojokerto
Jam Buka : 08.00 - 18.00

2. Nasi Pecel Mbak Toety

Viral Ranu Manuduro, Mojokerto Punya Tempat Kuliner yang LegendarisTempat kuliner di Mojokerto Foto: detikFood

Kalau ingin menikmati kuliner pecel, kamu bisa datang warung bernama Nasi Pecel Mbak Toety, yang legendaris sejak 1989. Lokasinya berada di dekat Stasiun Mojokerto, sehingga masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan sebutan Pecel Stasiun. Satu porsi pecel dilengkapi dengan berbagai jenis sayuran.

Sayuran tersebut kangkung, taoge, kacang panjang, dan masih banyak lagi. Sayuran yang direbus tersebut kemudian diguyur dengan saus kacang yang pedas. Rasanya semakin enak dengan tambahan rempeyek yang renyah. Selain itu, kamu bisa menambah dengan lauk telur, sate, ayam goreng, rolade, dan lainnya.

Nasi Pecel Mbak Toety
Jl. Bhayangkara No.12
Prajurit Kulon, Mojokerto
Jam Buka: 17.0 0 - 00.00

Baca Juga : Pemudik Wajib Bawa Oleh-oleh Onde-Onde Mojokerto yang Empuk Legit

3. Soto Daging H. Sukron Mahmud

Viral Ranu Manuduro, Mojokerto Punya Tempat Kuliner yang LegendarisTempat kuliner di Mojokerto Foto: detikFood

Sesuai dengan namanya, tempat kuliner Mojokerto yang satu ini merupakan usaha milik H Sukron Mahmud. Berawal dari berjualan berkeliling menggunakan gerobak, kini Sukron telah memiliki warung tetap yang sering dikunjungi banyak orang. Tempat kuliner Mojokerto ini juga menjadi destinasi wisata kuliner.

Soto yang ditawarkan di tempat kuliner Mojokerto ini berupa soto daging khas Madura. Selain daging, soto tersebut dilengkapi dengan jeroan, telur ayam dengan kuah yang bening. Kamu akan dibuat ketagihan dengan dagingnya yang memiliki potongan besar-besar, empuk, dan juicy.

Soto Daging H. Sukron Mahmud
Jl. Mojopahit No.555
Prajurit Kulon, Mojokerto
Telepon: (0321) 394237
Jam Buka: 07.00 - 21.00

4. Pangsit Mie Benteng Pancasila

Viral Ranu Manuduro, Mojokerto Punya Tempat Kuliner yang LegendarisTempat kuliner di Mojokerto Foto: detikFood

Kalau ingin menikmati kuliner mie, datang ke warung Pangsit Mie Benteng Pancasila adalah jawabannya. Tempat kuliner Mojokerto tersebut sangat terkenal dan memiliki pelanggan setia. Bahkan tak sedikit wisatawan yang berkunjung juga tertarik untuk mencicipinya.

Tempat kuliner Mojokerto dengan menu mie ayam dan pangsit ini memiliki penawaran harga yang relatif terjangkau. Pengunjung akan terpuaskan dengan rasa mie yang disajikan di sana. Rasanya semakin lengkap dengan tambahan bakwan di sana.

Pangsit Mie Benteng Pancasila
Jl. Benteng Pancasila No. 25
Magerari, Mojokerto
Jam Buka : 09.00 - 22.00

5. Bakwan Erna Mojokerto

Viral Ranu Manuduro, Mojokerto Punya Tempat Kuliner yang LegendarisTempat kuliner di Mojokerto Foto : Instagram @bakwan_erna

Bakwan Erna merupakan tempat kuliner Mojokerto yang dikenal paling enak di Mojokerto. Bakwan yang disajikan di sini dibuat secara homemade tanpa bahan pengawet, sehingga kualitasnya terbaik. Rasanya juga khas sehingga membuat banyak pengunjung yang kembali datang begitu pertama kali mencicipnya.

Itu karena tempat kuliner Mojokerto sudah legendaris sejak 1964. Karena itu, soal rasa sudah tidak diragukan lagi. Menyantap Bakwan Erna yang hangat-hangat ini cocok untuk menghangatkan tubuh kala cuaca mendung.

Bakwan Erna Mojokerto
Jalan Letkol Sumarjo No. 109
Purwotengah, Mojokerto
Telepon: (0321) 322911
Jam Buka: 08.30 - 16.30

Baca Juga : Kue Keranjang Buatan Mojokerto yang Pertahankan Resep Asli



Simak Video "Pedas Nampol Hidangan Sode Udang Khas Kutai"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)