Sejarah Kopi di Indonesia: Dibawa Belanda dari Malabar Kini Mendunia

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 06 Mar 2020 06:30 WIB
Food and Drink, Raw Coffee Bean, Human Hand, Top View Sejarah kopi di Indonesia. Foto: iStock
Jakarta -

Indonesia dikenal sebagai salah satu penyedia kopi terbesar di dunia. Sebenarnya kopi awalnya berkembang di beberapa negara seperti Afrika, Arab dan Eropa. Di Indonesia, kopi sudah ada sejak abad ke-17 oleh Belanda yang pada saat itu sedang menjajah Indonesia.

Sejarah perkembangan kopi di Indonesia tidak terlepas dari peranan masa kolonialisasi di era Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC), Persekutuan Dagang Hindia Timur Belanda menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi hasil perkebunan termasuk rempah-rempah dan kopi.

Dikutip dalam buku "Sains Kopi Indonesia" oleh Wenny Bekti Sunarharum, Kiki Fibrianto, Sudarminto Setyo Yuwono dan Mokhamad Nur, pada akhir abad ke-15 VOC membuat perjanjian dengan Sultan Banten untuk proyek penanaman kopi di Jawa . Perkembangan budidaya kopi dimulai pada abad ke-16 hingga abad ke-17.

Sejarah masuknya kopi di Indonesia.Sejarah masuknya kopi di Indonesia. Foto: Istimewa

Lebih jelasnya, pada tahun 1696 Belanda membawa kopi dari Malabar, India ke Jawa. Kemudian kopi ini dibudidayakan di Kedawung yang lokasinya dekat dengan Batavia namun gagal karena ada gempa bumi dan banjir. Upaya kedua stek pohon kopi Malabar di datangkan kembali dan berhasil.

Sampel kopinya pun dikirim ke Belanda untuk diteliti di Kebun Raya Amsterdam dan hasilnya sukses. Akhirnya kopi ini dijadikan sebagai bibit-bibit dan dikembangkan di banyak perkebunan di Indonesia.

Setelah sukses di Batavia, Belanda kemudian memperluas lagi produksi kopinya di beberapa daerah seperti Prenger, Jawa Barat, Sumatera Utara, Aceh, Bali hingga Papua.

Sejarah tanaman kopi di Indonesia.Sejarah tanaman kopi di Indonesia. Foto: Win Ruhdi Bathin

Dan di era tanam paksa, VOC menuai banyak keuntungan dan menguasai perdagangan kopi selama lebih dari dua abad.

Sejarah berkembang dan masuknya kopi di Indonesia juga tak lepas dari kondisi tanahnya yang subur. Di Indonesia semua kopi yang ditanam di dataran tinggi tumbuh dengan subur.

Sejarah singkat kopi di Indonesia.Sejarah singkat kopi di Indonesia. Foto: Antara Foto

Setelah Indonesia mendapatkan kemerdekaan, akhirnya perkebunan-perkebunan kopi yang ditanam VOC diambil alih oleh pemerintah sehingga hasilnya kemudian diekspor ke beberapa negara.

Kopi Aceh Gayo, Kopi Mandheling, Kopi Lintong, Kopi Kintamani Bali hingga Kopi Jawa Preanger jadi salah satu jagoan kopi asli milik Indonesia yang sangat populer tidak hanya dalam negeri tetapi juga mancanegara.

Itu dia mengenai sejarah tanaman kopi di Indonesia yang sebaiknya kamu tahu detikers!



Simak Video "Minum Kopi Sambil Nikmati Senja di Kaki Gunung Ciremai"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)