Masak Apa Hari : Ayam Betutu dan Sate Lilit yang Enak Berempah

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 06 Mar 2020 08:30 WIB
makanan Bali Foto: detikFood
Jakarta -

Pulau dewata juga punya banyak makanan enak. Hampir seluruhnya memakai rempah yang menyehatkan. Ada ayam betutu, sate lilit dan tum yang sedap.

Bumbu masakan Bali sudah diracik lengkap rempahnya sejak dahulu kala. Seperti base genep, base genep, jejaton dan sambel. Kemudian diproses dengan dipanggang atau diungkep sehingga lebih sehat dan enak rasanya.

Bebek dan ayam betutu yang dimasak lama dan perlahan membuat ayam jadi enak karena bumbunya meresap. Di masa kini ayam betutu dimasak dengan cara lebih modern tanpa mengurangi rasanya.

Sementara sate lilit yang biasa dibuat dari daging ikan juga tak kalah sedap. Campuran bumbu membuat sate yang selalu jadi sajian saat ada acara, rasanya jaid gurih-gurih pedas dan enak. Bisa juga dibuat dari daging ayam cincang.

Bali juga punya pepes enak yang disebut Tum. Adonan daging ayam cincang yang diaduk dengan bumbu lengkap atau base genep, lalu dibungkus daun pisang bentuk tum dan dikukus. Sedap meresap rasanya.

Untuk menjaga stamina keluarga agar tak mudah sakit, makanan berempah seperti hidangan Bali bisa jadi pilihan tepat. Tak rumit membuatnya. Rasanya sedap enak dan khasiat rempah pun Anda dapatkan. Berikut ini 3 rekomendasi resep masakan Bali detikfood yang bisa jadi pilihan.

Masak Apa Hari : Ayam Betutu dan Sate Lilit yang Enak BerempahFoto: detikFood



1. Ayam Betutu

Aslinya hidangan ini dibuat dari bebek. Tetapi kini banyak dibuat dari ayam. Proses pembuatannya dulu diperam dalam sekam di bawah tanah selama semalam. Tetapi kini diolah dengan cara dipanggang dalam oven.

Untuk ayam, pilih ayam kampung yang muda dan besar supaya rasanya gurih empuk. Lumuri dengan bumbu rongga perut dan badannya. Kemudian bungkus dengan rapi memakai daun pisang utuh hingga rapat agar tidak bocor.

Setelah dikukus hingga matang, ayam akan mengeluarkan jus dan menyatu dengan bumbu. Karena itu diamkan beberapa saat agar bumbu agak kering. Setelah itu bisa dipanggang di atas bara api arang atau di dalam oven hingga agak kering. Tahapan pembuatan Ayam Betutu bisa dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari : Ayam Betutu dan Sate Lilit yang Enak BerempahFoto: iStock/detikFood



2. Sate Lilit

Seperti namanya, sate ini memakai sebilah potongan batang serai, batang tebu atau bambu/kayu yang dililiti adonan ikan yang berbumbu. Sate ini lalu dibakar hingga matang. Merupakan sajian populer saat ada acara atau upacara di Bali.

Pilih daging atau fillet ikan yang berdaging tebal. Seperti ikan tenggiri, ikan tuna atau ikan kakap. Pastikan daging ikan segar agar tak beraroma amis. Cincang halus lalu aduk dengan bumbu lengkapnya hingga rata.

Lilitkan adonan daging ikan dari arah atas memutar ke bawah hingga membentuk pentol. Kemudian panggang di atas bara apai arang hingga daging ikan matang. Gunakan api sedang agar sate tidak gosong. Cara membuatnya bisa dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari : Ayam Betutu dan Sate Lilit yang Enak BerempahFoto: detikFood



3. Tum Ayam

Tum merupakan istilah pepes dalam kuliner Bali. Seperti pepes hidangan ini dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang. Selain daging ayam bisa dipakai daging ikan. Bumbu rempah yang lengkap membuat tum ini rasanya pedas gurih dan enak.

Gunakan daun pisang batu atau jika memakai daun pisang lain, jemur sebentar hingga daun layu. Atau panggang sebentar di atas api hingga daun lemas atau layu. Agar tidak mudah pecah atau robek saat dipakai untuk membungkus.

Sebagai variasi di dalam tum ayam bisa ditambahkan potongan sayuran atau tahu atau bahan lain sesuai selera. Biasanya bentuk tum kecil karena menjadi pelengkap beragam lauk nasi Bali. Ikuti saja langkah pembuatannya di resep ini.



Simak Video "Nikmati Sajian Warung Khas Bali yang Sedap"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)