Masak Apa Hari Ini : Ayam Woku dan Garo Bunga Pepaya Kaya Nutrisi

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 05 Mar 2020 08:30 WIB
Masakan Manado Foto: detikFood
Jakarta -

Makanan dari Sulawesi Utara dikenal banyak memakai rempah segar yang berkhasiat sehat. Ada ayam woku balanga dan garo bunga pepaya yang pedas sedap.

Bumbu berupa jahe, kunyit, beragam rempah daun jadi racikan khas masakan Manado. Selain enak, bumbu dapur ini memberi manfaat sehat, menjaga imunitas tubuh. Membuat tubuh segar berkeringat setelah menyantapnya.

Ayam woku balanga yang memakai bumbu kunyit dan ayam kampung gurih enak rasanya. Dimasak perlahan dalam wajan sehingga aromanya makin meresap. Cukup disantap dengan nasi hangat saja.

Bubur dengan paduan beragam sayuran bisa jadi penjaga stamina tubuh. Ditambah jagung dan labu yang kaya betakaroten makin kaya nutrisinya. Bubur ini enak dimakan dengan sambal dan ikan asin.

Selain daunnya, bunga pepaya juga diolah jadi makanan enak di Manado. Rasa pahit renyah bunga pepaya makin enak ditambah dengan cabai rawit merah dan sedikit ikan asin. Nafsu makan makin bertambah!

Resep-resep rumahan Manado ini bisa jadi pilihan untuk menu sehat keluarga. Tak perlu mahal beragam sayuran bisa rutin dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh keluarga agar tak mudah jatuh sakit. Mau masak yang mana dulu?

Masak Apa Hari Ini : Ayam Woku dan Garo Bunga Pepaya Kaya NutrisiFoto: detikFood



1. Ayam Woku Balanga

Ayam yang dimasak dalam belanga atau panci ini rasanya gurih-gurih pedas dengan kuah kental. Makin sedap dengan taburan daun kemangi. Selain ayam, ikan kerapu dan kakap juga enak dibuat woku balanga.

Selain ayam kampung bisa dipakai ayam negeri yang muda. Potong ayam menjadi 8 atau 10 bagian. Cuci ayam hingga bersih dan tak ada noda darah. Tiriskan dan kucuri air jeruk nipis sambil remas-remas agar aromanya lebih sedap.

Saat merebus ayam, gunakan api kecil dan aduk sekali-sekali agar bumbu meresap rata. Tambahkan daun kemangi dan daun bawang terakhir agar tidak terlalu lonyot. Bisa dimasak hingga kuahnya susut atau agak kering, sesuai selera. Langkah pembuatan Ayam woku balanga bisa dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Ayam Woku dan Garo Bunga Pepaya Kaya NutrisiFoto: Instagram


2. Bubur Manado (Tinutuan)


Menu sarapan orang Manado ini bisa dibuat kapan saja. Biasanya dibuat segar. Isian sayurannya bisa sesuai selera. Seperti kangkung, bayam, daun lelem, labu kuning atau ubi kuning, jagung manis, dan daun bawang.

Sebaiknya jangan terlalu banyak memasukkan beras. Karena prinsipnya bubur ini adalah bubur sayuran. Rebus dahulu beras hingga lembut baru masukkan jagung dan ubi. Tambahkan sayuran daun terakhir jika tak terlalu lunak.

Sebagai pelengkap bubur, sambal cabai rawit merah dengan sambal ikan roa atau ikan asin. Ikan asin gabus atau ikan teri bisa jadi pilihan. Sajikan terpisah. Biasanya bubur ditambah sambal dan ikan asin, diaduk dan dinikmati. Cara membuat bubur Manado ini bisa dilihat di sini!

Masak Apa Hari Ini : Ayam Woku dan Garo Bunga Pepaya Kaya NutrisiFoto: Bianca Sinantra



3. Tumis Bunga Pepaya


Rasa pahit daun pepaya dan bunga pepaya ternyata punya khasiat. Karenanya harus diolah dengan bumbu tepat supaya rasanya lebih enak. Perpaduan cabai, bawang merah dan bawang putih membuat bunga pepaya lebih enak.

Saat membeli bunga pepaya, pilih yang segar dan masih kuncup. Ambil bunga pepaya dan sisihkan tangkainya yang keras. Cuci di bawah air mengalir agar getahnya larut lalu tiriskan.

Rebus sebentar bunga pepaya dalam air mendidih hingga layu. Tiriskan lalu rendam dalam air es hingga dingin, tiriskan. Ini menjaga agar rasanya tetap renyah. Tambahkan ebi, teri, atau tauco untuk menambah rasa enak. Ikuti langkah-langkah pembuatannya di resep ini.




Simak Video "Pedas Manis Toge Goreng Saus Tauco Hj Omah"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)