Tahu Enak

Ada Sejak 50 Tahun lalu, Ini Tahu Gimbal H.Edy yang Asli

Angling Adhitya Purbaya - detikFood Senin, 02 Mar 2020 16:00 WIB
Kupat Tahu Foto: dok.detikFood/Angling Adhitya Purbaya
Semarang -

Selain lumpia dan nasi goreng babat, kalau ke Semarang wajib cicip tahu gimbal. Salah satu penjual yang legendaris, Tahu Gimbal H. Edy, sudah ada 50 tahun lalu.

Tahu gimbal merupakan racikan tahu khas Semarang. Berupa potongan tahu goreng yang diberi gimbal atau bakwa udang yang digoreng melebar lalu dipotong-potong. Dilengkapi irisan halus kol segar lalu ditaburi dengan bawang merah goreng dan seledri cincang. Disiram kuah kacang yang dicampur kecap manis. Bisa dilengkapi dengan telur goreng.

Ada Sejak 50 Tahun lalu, Ini Tahu Gimbal H.Edy yang AsliFoto: dok.detikFood/Angling Adhitya Purbaya


Nama warungnya Tahu Gimbal H. Edy di Jalan Menteri Supeno sekitar Taman Indonesia Kaya atau Taman KB. Buka pukul 15.00 WIB sampai 23.09 WIB dan selalu laris.

Uniknya, di sekitar warung H. Edy ada beberapa penjual Tahu Gimbal dengan nama yang hampir sama yaitu Edi. Untuk membedakan, warung Tahu Gimbal legendaris itu memakai spanduk "H. Edy" dan ada foto pendirinya, Edy Kamsani.

Saat detikcom berkunjung ke sana, kebetulan Pak Edy sendiri yang meracik Tahu Gimbal yang dipesan. Sedangkan dua putrinya membantu memotong bahan-bahan dan melayani pembeli.

Ada Sejak 50 Tahun lalu, Ini Tahu Gimbal H.Edy yang AsliFoto: dok.detikFood/Angling Adhitya Purbaya


Tidak sampai 2 menit, Tahu Gimbal ala H. Edy sudah tersaji. Aroma sambal kacang yang dituang di atas racikan tahu campur dan gimbal gurih sedap menusuk hidung. Tahunya masih hangat, demikian juga gimbal udangnya empuk gurih. Saus kacangnya sedikit kasar tetapi manis, gurih dan pedasnya pas.

"Kita bumbu bikin sendiri, resep keluarga. Kalau gimbalnya di sini lebih empuk," kata putri H. Edy, Heni Safitri.

Tahu Gimbal H.Edy sudah ada sejak 1970 di sekitar taman di depan SMAN 1 Semarang yang dulu disebut Taman KB itu. Ketika taman itu dibangun dan akan berubah menjadi Taman Indonesia Kaya, Tahu Gimbal H.Edy tetap buka di sekitar sana.

Ada Sejak 50 Tahun lalu, Ini Tahu Gimbal H.Edy yang AsliFoto: dok.detikFood/Angling Adhitya Purbaya


"Kita sudah ada sejak tahun 1970. Pindah sini (tempat yang sekarang) Maret 2017, sdah ada edi edi yang lain. Kita pak Haji Edy, ada fotonya," tegasnya.

Untuk harga, murah meriah! Satu porsi Tahu Gimbal Rp 20.000, wedang jeruk Rp 7 .000, teh panas atau dingin Rp 4.000, ada juga es durian Rp 25. 000. Warung buka jam 08.00 sampai jam 22.00 setiap hari. Kalau ke Semarang wajib mampir ke sini mencicipi tahu campur khas Semarang yang asli.




Simak Video "Surga! ''Nasi Gandul'' Pak Memed di Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)