Tahu Enak

Awas Ketagihan! Gurih Empuk Tahu Bakso Tuna Khas Pacitan

Purwo Sumodiharjo - detikFood Senin, 02 Mar 2020 12:32 WIB
Tahu Bakso Tuna Foto: dok.detikFood/Purwo Sumodiharjo
Pacitan -

Tahu di Pacitan tak sekedar digoreng atau diisi adonan, tetapi dipadukan dengan daging ikan tuna. Namanya Tahu Tuna yang dibuat dari tahu dan ikan tuna.

Tiap daerah di Indonesia punya cara khas mengolah tahu jadi jajanan unik daerah. Demikian juga di Pacitan, Jawa Timur yang kaya akan hasil laut. Daging ikan tuna segar yang berlimpah dimanfaatkan sebagai isian tahu. Atau populer dengan sebutan tahu bakso.

Salah satu tahu bakso tuna yang populer di Pacitan adalah Tahu Bakso Tuna Sabrina atau dikenal dengan sebutan Tahu Tuna. Pemilik bisnis ini, Deni Hermanto terbilang sukses dengan memadukan tuna dan tahu.

Awas Ketagihan! Gurih Empuk Tahu Bakso Tuna Khas PacitanFoto: dok.detikFood/Purwo Sumodiharjo



Di rumah sekaligus tempat usahanya yang berlokasi di di Jl WR Supratman Gg. Tuna RT 01 RW 011 Lingkungan Teleng. Kelurahan Sidoharjo, Kec/Kab Pacitan, Deni menceritakan soal usaha tahu tunanya pada detikcom, Minggu (1/3).

Untuk menghasilkan tahu tuna gurih dan tidak anyir Deni melakukan penyortiran bahan baku secara ketat. Ini terutama berkaitan kondisi fisik maupun lama penyimpanan usai ditangkap.

"Harus ikan segar. Insang harus berwarna kemerahan dan matanya juga masih jernih," papar mantan chef kapal pesiar ini tentang ciri-ciri ikan tuna segar yang dipilihnya.

Awas Ketagihan! Gurih Empuk Tahu Bakso Tuna Khas PacitanFoto: dok.detikFood/Purwo Sumodiharjo


Tuna-tuna segar tersebut selanjutnya diambil dagingnya saja. Daging tuna lalu digiling dengan tepung dan bumbu hingga merata. Selanjutnya, adonan disimpan di freezer selama dua jam. Proses ini diperlukan agar adonan tak berubah rasa. Jika diletakkan di suhu ruangan dalam tempo lama, adonan rentan berubah rasa.

Proses berikutnya adalah menyiapkan tahu. Potongan tahu berbentuk kotak digoreng dalam minyak dengan suhu tinggi selama beberapa menit. Hasilnya, setelah ditiriskan ada rongga di bagian tengah tahu.

Tahu disayat bagian tengahnya lalu diisi dengan adonan tuna. Selanjutnya tahu tuna direbus selama 10 menit. Setelah itu diangkat dan ditiriskan dan didinginkan sebelum akhirnya dikemas.

Tak sulit menemukan tahu tuna. Hampir semua toko oleh-oleh di Pacitan menyediakan makanan kaya protein itu. Harganya pun sangat terjangkau. Untuk kemasan berisi 10 buah hanya dibanderol Rp 10.000.

Awas Ketagihan! Gurih Empuk Tahu Bakso Tuna Khas PacitanFoto: dok.detikFood/Purwo Sumodiharjo


Di daerah berjuluk 'Paradise of Java', tahu tuna juga menjadi menu penambah selera. Mulai warung kecil hingga restoran, semua menyediakan tahu tuna. Panyajiannya pun cukup digoreng atau dikukus. Bisa dimakan bersama nasi dan lauk lain.

Bahkan banyak pula konsumen yang lebih suka menyantap tahu tuna tanpa nasi. Melainkan hanya dengan mencelupkannya ke sambal kecap. Lebih mantap lagi jika disajikan bersama secangkir teh atau minuman hangat lain.

Awas Ketagihan! Gurih Empuk Tahu Bakso Tuna Khas PacitanFoto: dok.detikFood/Purwo Sumodiharjo


"Pokoknya sensasional lah. Ada kombinasi antara gurihnya tuna, pedasnya cabe, dan manisnya kecap," ucap Haidaruddin Tetra, penikmat kuliner.

Di pasaran, tahu tuna juga bisa didapatkan dengan banyak varian. Seperti rasa pedas dan isi sayuran. Untuk jenis terakhir ini, produsen sengaja manambahkan irisan wortel dan brokoli yang ditujukan untuk anak-anak yang sulit makan sayur.



Simak Video "Rekomendasi Sambal buat Kamu"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)