Kue Beras Korea dan Jenis-jenisnya yang Wajib Dicoba

Puti Yasmin - detikFood Senin, 02 Mar 2020 06:30 WIB
tteokbokki Kue Beras Korea/Foto: Istimewa
Jakarta -

Kue beras Korea menjadi salah satu makanan yang populer di Korea Selatan. Makanan ini ternyata memiliki berbagai jenis kue beras Korea.

Makanan ini sering muncul dalam scene di drama Korea dengan nama Tteokbokki. Tak jarang sebagai penonton juga ingin merasakan apa rasa kue beras Korea ini.

Kue Beras KoreaKue Beras Korea Foto: Istimewa

Jenis kue beras Korea:

1. Tteokbokki

Kue beras Korea yang paling terkenal adalah Tteokbokki. Makanan ini bisa ditemukan di Indonesia dalam bentuk makanan instan maupun di restoran.

Cara membuat kue beras Korea ini juga cukup mudah karena berbahan dasar tepung beras. Untuk bumbunya, kamu cukup menyiapkan saus sambal, boncabe, merica, hingga belimbing air sehingga menciptakan rasa pedas dan asam.

2. Gyeongdan

Gyeongdan menjadi salah satu kue beras Korea manis. Bentuk dan cara buatnya seperti kue klepon karena direbus. Hanya saja, kue beras Korea ini berisi kacang merah dan kacang tanah.

Bagian luar Gyeongdan ditaburi dengan tepung kacang kedelai, kacang merah, hingga green tea. Hmm, yummy!

3. Injeolmi

Jika ingin mencicipi mochi Korea, Injeolmi bisa menjadi solusinya. Kue beras Korea ini memiliki tekstur yang kenyal dan berbagai macam rasa, seperti bubuk kacang tanah, kedelai, atau wijen.

Cara membuat kue beras mochi Korea ini juga unik. Pembuatnya harus menumbuk tepung beras ketan, air panas, gula, garam hingga kenyal.

Kue Beras KoreaKue Beras Korea Foto: Istimewa

4. Songpyeon

Saat perayaan panen raya, orang Korea biasa menyiapkan Songpyeon. Proses pembuatan kue beras Korea ini dengan mengukusnya menggunakan daun pinus.

5. Sirutteok

Ingin mencoba kue beras Korea dengan tekstur yang berbeda? Bisa coba Sirutteok. Makanan ini memiliki lapisan yang bertumpuk antara tepung beras, dan kacang merah. Kebayang bukan enaknya?

Nah, resep kue beras Korea ini dikukus alam siru atau sebuah mangkuk gerabah.

6. Hwajeon

Kue beras Korea terakhir adalah Hwajeon. Makanan ini biasa dihidangkan saat festival musim semi dan identik dengan bunga di atas kuenya.

Ada berbagai bunga cantik yang bisa digunakan di atas kue beras Korea ini, misalnya bunga azalea, bunga mawar, krisan, hingga sakura.



Simak Video "Yummy! Segarnya Es Serut Bibimbap dan Telur ala Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)