Tahu Enak

Gurih Renyah Tahu Berontak Jadi Simbol Perjuangan Masa Lampau

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 01 Mar 2020 12:00 WIB
Tahu Berontak Foto: iStock
FOKUS BERITA Tahu Enak
Jakarta -

Tahu berontak merupakan jajanan yang populer di Lumajang dan Padang. Punya nama yang unik ternyata tahu berontak ini punya kisah yang panjang.

Tahu diperkirakan masuk ke Indonesia sejak abad ke-10, dibawa oleh para pedagang dan orang-orang China yang berlabuh ke Indonesia. Kini tahu menjadi makanan sehari-hari yang masih digemari hingga sekarang. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kudapan tahu yang berbeda.

Baca Juga: Tahu Sumedang Bungkeng Sudah Populer Sejak Tahun 1917

Gurih Renyah Tahu Berontak Jadi Simbol Perjuangan Masa LampauFoto: iStock


Salah satunya ada tahu berontak yang populer di Lumajang dan Padang. Menurut catatan sejarah, banyak orang percaya bahwa tahu berontak ini awalnya diciptakan di Lumajang, Jawa Timur saat masa penjajahan.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sejak dulu wanita memegang peranan penting dalam masa perjuangan. Saat itu semua wanita bertugas untuk membangun dapur darurat, bisa juga dibilang sebagai dapur umum tempat mereka semua memasak untuk para pejuang.

Masakan-masakan ini lah yang menjadi bentuk dukungan sekaligus perjuangan para wanita saat itu. Dari sini tercipta hidangan tahu berontak yang sederhana namun mampu mengobati rasa lapar dari para pejuang yang melawan penjajah saat itu.

Gurih Renyah Tahu Berontak Jadi Simbol Perjuangan Masa LampauFoto: iStock


Tahu ini berisi sayuran tauge dan diberi cabe. Nama 'berontak' di ambil dari kata berontak yang artinya perlawanan. Karena dulu banyak wanita yang menyiapkan bekal makanan untuk para suami mereka sebelum pergi ke medan perang.

Terlepas dari sejarahnya kini tahu berontak berubah menjadi kudapan hingga jajanan enak yang disukai banyak orang. Sekarang topping dari tahu berontak tak hanya tauge dan cabe saja, tapi ada juga yang menambahkan telur, daging cincang, kol, hingga udang cincang.

Sementara itu tahu berontak juga tetap eksis hingga sekarang di Padang. Tampilannya cukup berbeda dengan tahu berontak di Lumajang. Tahu berontak di Padang punya potongan yang memanjang kemudian dibaluti tepung dengan bumbu.

Gurih Renyah Tahu Berontak Jadi Simbol Perjuangan Masa LampauFoto: iStock


Tampilannya lebih mirip seperti bakwan namun untuk rasanya tetap ada tekstur tahu yang lembut, dengan kombinasi rempah Padang yang khas.

Nah selain tahu berontak, ada beberapa tahu goreng di Indonesia yang juga punya sejarah menarik. Seperti Tahu Sumedang yang dibuat oleh pasangan suami istri di tahun 1917. Lalu sejarah tahu pong yang disebut sebagai tahu kosong di Semarang sejak tahun 1950.

Baca Juga: Berasal dari China, Tahu Kini Jadi Camilan Paling Populer di Indonesia



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Tahu Enak